Saturday, July 4, 2020

Belajar Menjadi Vegetarian

"Bacalah tetapi jangan lupa ingat Tuhan"

Dear pembelajar,
Kaum Vegetarian adalah mereka yang tidak mengonsumsi makanan atau asupan yang bersumber dari hewan atau binatang. Seringnya ditanya bagaimana caranya bisa menjadi vegetarian, mendorong saya untuk membuat tulisan ini.

Awalnya saya juga sama, bertanya-tanya, membaca cukup banyak buku tentang vegetarian dan apa manfaatnya bagi diri sendiri dan lingkungan, serta mengikuti seminar-seminar tentang itu. Tetapi ternyata menjadi vegetarian tidak bisa hanya dengan mendengarkan cerita kaum vegetarian, baik dari buku-buku atau seminar. Itu baru tahap awal. 

Tahap berikutnya adalah eksperimen atau mengalami sendiri menjadi seorang vegetarian, mendapat manfaat dari itu dan kemudian memutuskan untuk memilih jalan sebagai vegetarian. Jika selama eksperimen, seseorang tidak bisa menemukan/mendapatkan manfaat itu, ia akan memilih meninggalkan eksperimen dan memutuskan tidak memilih jalan vegetarian.

Bagi mereka yang punya keinginan belajar, inilah salah satu alternatif caranya. Cara ini telah diujicoba di berbagai negara. Cara ini juga mengantar "banyak" kaum vegetarian melampaui proses eksperimen, dan lalu memutuskan untuk meninggalkan jalan lama mengambil jalan baru, yaitu hidup sebagai vegetarian .

Saya menggarisbawahi kata “banyak”, tetapi ini tak perlu menjadi kejutan. Jika saya menuliskan kata “banyak” untuk hal-hal terkait dengan pilihan hidup menjadi vegetarian ataupun vegan, jangan dibayangkan sebanyak buih di lautan.

Karena dari hampir 8 milyar jumlah penduduk bumi, tak ada satu persen yang menjadi vegetarian maupun vegan. Jadi Anda sudah bisa membayangkan sendiri, seberapa banyak jumlah kaum vegetarian/vegan, sekarang ini. 

Bagaimanapun, perkembangan yang jelas adalah bahwa semakin hari semaikin bertambah jumlah orang yang memilih jalan menjadi vegetarian.

Baiklah...saya akan mulai dengan tahapan-tahapan sederhana menjadi seorang vegetarian:

  1. Belajar meninggalkan makanan bersumber dari daging binatang (umumnya berkaki empat) 
  2. Setelah langkah pertama berhasil, maka masuk tahap dua, yaitu menanggalkan kebiasaan konsumsi daging unggas.
  3. Setelah berhasil menanggalkan daging-dagingan dan unggas, maka tahap ke tiga adalah menanggalkan kebiasaan makan ikan.
  4. Setelah berhasil menanggalkan kebiasaan konsumsi daging, unggas dan ikan, maka tahap ke empat adalah menanggalkan kebiasaan konsumsi telur.
Demikian cara sederhana menjadi vegetarian. Masing-masing orang berbeda pengalaman dalam hal hitungan berapa bulan/tahun berprosesnya.

Berdasar pengalaman, sebelum saya serius, saya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk baca buku, baca artikel dan mendengarkan seminar, mencoba dan gagal berulang-ulang. Tetapi begitu saya serius melakukan eksperimen, untuk masing-masing tahapan, saya butuh waktu 3 bulan untuk eksperimen untuk setiap tahapan. Sekarang sudah kurang lebih 7 tahun saya menjadi vegetarian dan karena banyak manfaat yang saya dapatkan, maka dengan senang hati saya memilih jalan ini untuk pola makan saya.

Demikianlah, semoga ini menginspirasi bagi mereka yang ingin belajar menjadi Vegetarian.

Terimakasih sudah membaca. Terima kasih Tuhan. Salam damai dan salam hormat.

No comments:

Post a Comment