Friday, February 21, 2020

Meditation is Remembrance

Bacalah dengan mengingat Tuhan,
Remember ME alone and your sins will be absolved (He Himself)

Dear pembelajar,
Salah satu pengertian meditasi adalah mengingat Tuhan. Mengingat Tuhan artinya, mengizinkan Tuhan untuk senantiasa duduk dalam singgasana hati saya.
Untuk bisa mengalami hal ini, maka pertama-tama yang harus saya lakukan adalah membuat hati saya sedemikian rupa sehingga layak bagi Tuhan untuk ditempati. yaitu, membersihkan hati dari segala macam sampah yang sia-sia.

Ini adalah hal terpenting tetapi memahami saja belum cukup. Karena masih perlu apa yang dinamakan  perasaan. Perasaan adalah pengalaman.  

Ada yang mengeluh kesulitan mengingat Tuhan, apalagi jika harus selalu menjaga ingatan akan Tuhan.

Menjaga ingatan artinya "meletakkan Tuhan di dalam hati saya" dan menjaga agar Beliau senantiasa ada di sana.

Jika saya tidak menempatkan Tuhan di dalam hati saya dan tidak menyadari bahwa Tuhan adalah milik saya, maka mengingat Tuhan memerlukan kerja keras. Tetapi jika saya menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya milik saya dan menempatkan Beliau di dalam hati saya, maka mengingat Tuhan (meditasi) menjadi sesuatu yang natural (alami).

Tuhan dan persoalan adalah "dua kekuatan yang saling melenyapkan". Begitu saya menaruh persoalan dalam hati saya dan membiarkan persoalan-persoalan itu mengambil alih "tempat duduk" Tuhan, maka Tuhan "lenyap".

Sebaliknya, jika Tuhan yang ada dalam hati saya, maka yang lenyap adalah persoalan.

Jadi sekarang, apa yang saya perlukan untuk bermeditasi? 

Simpel. Selalu mengingat Tuhan dan segera menyadari bahwa hanya Tuhan yang benar-benar merupakan milik saya. Yang lainnya? Walaupun kelihatannya seperti milik saya, tetapi bukan benar-benar milik saya. 

Finally, selalu alami perasaan bahwa hanya Tuhan yang senantiasa ada di dalam hati saya, buka yang lain.

Terima kasih sudah membaca. Salam hormat dan semoga selalu damai.
Note: Tulisan di atas merupakan hasil belajar di BKWSU (Brahma Kumaris World Spiritual University)

1 comment:

  1. I have tried to meditate so many time, but, every time, I couldn't relax. Now, I understand, that it is quite a difficult occupation, which requires patience.

    ReplyDelete