Tuesday, January 7, 2020

Ekspektasi Vs Persepsi

Bacalah dengan tetap mengingat Tuhan.
"Pengetahuan itu mudah, tetapi secara konstan mengingat Tuhan itu tidak mudah"

Dear pembelajar,
Saya punya hutang yang harus saya lunasi, yakni pertanyaan tentang beda antara ekspektasi dan persepsi. Baik, saya akan menjawab secara singkat di sini. Kata lain dari ekspektasi adalah harapan.

Ketika saya berekspektasi, maka sesuatu itu belum merupakan realitas, ia belum ada. Ekspektasi terkait dengan sesuatu yang belum kejadian. Sementara persepsi adalah penilaian saya atas fakta/sesuatu yang sudah terjadi. Mungkin sedang ada di hadapan saya. 

Jika ekspektasi saya bertemu dengan persepsi/penilaian saya atas sesuatu, maka kemungkinan-kemungkinan yang muncul adalah, saya senang, saya kecewa atau saya biasa-biasa saja. Kedua-duanya, baik ekspektasi dan persepsi saya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya pengalaman, pengetahuan dll. 


Melihat satu kejadian tertentu, persepsi/penilaian saya bisa jadi berbeda dengan persepsi/penilaian Anda. Saya bisa menilai itu baik, tetapi Anda bisa menilai itu biasa-biasa saja. Walaupun obyeknya sama! Jadi ekspektasi terkait dengan sesuatu yang belum terjadi, sementara persepsi terkait dengan what I am seeing, how I am feeling....am I satisfied or dissatisfied...ketika sesuatu yang saya harapkan itu menjadi fakta.

Terimakasih sudah membaca, semoga manfaat. Tetap ingat Tuhan dan Salam Damai.

1 comment:

  1. This topic may seem very complicated, at first sight. But, after reading this small post, you will realize so many things. Thank you for this.

    ReplyDelete