Senin, 10 April 2017

Fungsi Mempelajari Manajemen Pemasaran - Menjawab pertanyaan M. Saiful Bahri

Bacalah dengan nama Tuhanmu,
Ciri pengetahuan sejati adalah bersifat universal (BKWSU)

Dear MSB,

Terima kasih telah mengapresiasi sosialisasi implementasi Spiritual Marketing. Selanjutnya saya akan menjawab pertanyaan Anda, yang  antara lain adalah: (1) Apakah fungsi mempelajari manajemen pemasaran; (2). Apa dan bagaimana peran manajemen pemasaran ketika bisnis mengalami penurunan?



Ada fungsi manajemen pemasaran dan ada manfaat mempelajari manajemen pemasaran.


Fungsi manajemen pemasaran adalah membantu perusahaan membuat rencana-rencana pemasaran (bisa berdasarkan riset ataupun pengamatan pasar), terkait dengan produk, harga, promosi dan distribusi, mengimplementasikan rencana-rencana tersebut, mengevaluasi dan kemudian mengambil langkah-langkah strategik dan taktis atas hasil evaluasi yang telah dilakukan.


Sementara manfaat mempelajari manajemen pemasaran di kampus kita (Universitas 45 Surabaya), dimana lebih ditekankan kepada Spiritual Marketing, adalah bisa dilihat dari dua sisi:


Satu sisi, jika mahasiswa, sekarang atau nanti, berpraktik menjadi pebisnis atau pemasar, maka ia akan menjadi pemasar yang bukan hanya menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual, tetapi juga mengimplementasikannya nilai-nilai luhur tersebut.


Sisi lain, manakala mahasiswa berperan sebagai konsumen, maka sejalan dengan nilai-nilai spiritual yang termuat dalam gagasan spiritual marketing, ia bukan hanya mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan, tetapi juga diharapkan mampu mengendalikannya. Dengan demikian tidak mudah dijadikan obyek (sasaran) oleh pemasar yang tidak bertanggungjawab dalam rangka mengejar keuntungan, memanfaatkan peluang tanpa mengindahkan nilai-nilai spiritual.


Demikian jawaban saya, terima kasih juga telah mengirim quote "Menjadi orang yang besar, harus ada jiwa yang besar" (KH. Abdul Madjid Ma'ruf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar