Senin, 06 Februari 2017

TOPIK PENELITIAN MANAJEMEN (bagian 1)

Bacalah dengan menyebut nama Tuhan-mu
“God is the Bestower. He doesn’t take anything from you” (God Himself)
Dear pembelajar,

Selain bingung tentang konsep variabel dan indikator penelitian dan jenis data , kerap mahasiswa jurusan manajemen juga kebingungan memilih topic untuk tugas akhir. Namun demikian, sejak sekarang, mudah-mudahan Anda tidak lagi galau. Sugiyono (2013) dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Manajemen, menginspirasi saya untuk berbagi kepada Anda tentang bidang garapan untuk penelitian manajemen.

Secara umum, Anda sudah tahu bahwa fungsi manajemen terdiri dari POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling) sementara sumber daya terdiri dari 7 M (Man, Money, Materials, Methods, Machine, Market and Minute).

Nah, kita bisa mulai dari konsep dua dimensi (POAC – 7M) tersebut, Perhatikan table berikut:
Ruang lingkup penelitian manajemen
Sumber Daya
FUNGSI MANAJEMEN
Planning
Organizing
Actuating
Controlling
Man
1
8
15
22
Money
2
9
16
23
Materials
3
10
17
24
Methods
4
11
18
25
Machines
5
12
19
26
Market
6
13
20
27
Minute
7
14
21
28
Sumber: Sugiyono (2013); Metode Penelitian Manajemen; hal. 16

Sekarang, perhatikan secara lebih seksama. Berapa jumlah bidang atau topik penelitian yang bisa dikerjakan? Ya, dua puluh delapan!

Selanjutnya, mari kita lihat secara lebih detail. Membaca tulisan ini, Anda akan mendapat informasi tentang apa saja topik yang bisa diangkat ketika mendengar kata planning dalam manajemen. Merujuk pada, ada delapan topic terkait dengan perencanaan, yaitu:
  1. Perencanaan (sumber daya) manusia : relevan dengan prediksi jumlah SDM, kualifikasi SDM, dan kompetensi SDM yang diperlukan dalam organisasi. 
  2. Perencanaan (sumber daya) keuangan: terkait dengan perencanaan keuangan yang dibutuhkan oleh organisasi untuk melaksanakan tugas-tugas organisasi. 
  3. Perencanaan (sumber daya) material: meliputi perencanaan kuantitas dan kualitas bahan baku (raw material) yang akan diolah oleh organisasi. 
  4. Perencanaan (sumber daya) metode : perencanaan terhadap prosedur dan metode-metode kerja apa yang akan digunakan untuk mengerjakan tugas/pekerjaan oraanisasi. Dengan perencanaan metode ini, maka pelaksanaan kerja akan lebih cepat dan mencapai standar yang telah ditentukan. 
  5. Perencanaan (sumber daya) mesin. Yang dimaksud dengan mesin adalah seluruh peralatan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan kerja organisasi, sehingga pekerjaan bisa dilaksanakan lebih cepat, akurat dan memuaskan. Perencanaan mesin berarti penentuan jenis, jumlah dan kualitas peralatan kerja yang dibutuhkan oleh organisasi. 
  6. Perencanaan (sumber daya) market (pasar): berarti perencanaan pasar yang akan menggunakan produk dan jasa yang dihasilkan oleh organisasi. Dalam perencanaan ini sudah diprediksi jumlah konsumen dan lembaga mana yang akan menggunakan produk dan jasa organisasi. 
  7. Perencanaan (sumber daya) waktu: berarti perencanaan terhadap waktu pelaksanaan pekerjaan organisasi. Pada kegiatan ini, semua pekerjaan yang ditetapkan dibuat jadwal pelaksanaan kerjanya, kapan dimulai dan kapan selesainya.
     Demikian tulisan bagian satu ini, semoga bermanfaat. Salam damai, bahagia dan terus berkarya!
     Sumber : Sugiyono (2013); Metode Penelitian Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar