Rabu, 10 Juli 2013

Membuat Proposal Skripsi

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,
"Agar dapat naik ke atas, Anda harus berkorban" (David Jeremiah)

Dear pembelajar,
Sering saya mendapat pertanyaan seputar skripsi dan proposal skripsi. Meskipun di papan putih ini, saya telah menyajikan beberapa tulisan terkait dengan skripsi, namun masih saja banyak pertanyaan-pertanyaan masuk melalui inbox FB. Rata-rata yang ingin diketahui adalah apa yang harus ditulis dalam proposal.


Untuk itu, tidak ada salahnya saya menuliskan dalam gaya yang sedikit berbeda. Proposal skripsi masing-masing jurusan mungkin saja berbeda format, namun apapun jurusan yang dipilih dalam perkuliahan, esensi proposal adalah ini!
  1. Latar Belakang Masalah/Pendahuluan; berisi fenomena atau gejala yang terjadi pada sesuatu yang hendak diteliti, apa yang menarik dari obyek yang hendak diteliti, temukan senjang antara yang seharusnya terjadi dengan yang senyatanya terlihat, hubungkan dengan kajian teori lalu pikirkan (curigai) factor-faktor yang menyebabkan fenomena itu terjadi. Tetapkan masalah yang hendak diteliti. Lebih jelasnya dapat dibaca di sini
  2. Rumusan Masalah; dapat berupa kalimat tanya/pertanyaan maupun pernyataan. Lebih jelasnya dapat dibaca di sini.
  3. Tujuan Penelitian. Ini sangat penting! Tetapkan tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah yang kita buat. Jangan melenceng dari rumusan masalah, sebab jika tidak sinkron dengan rumusan masalah, itu akan menyulitkan kita dalam pelaksanaan penelitian dan pembahasan hasil penelitian.
  4. Manfaat Penelitian. Nyatakan manfaat penelitian, bagi obyek yang diteliti, bagi perkembangan dunia keilmuan dan atau bagi peneliti selanjutnya.
  5. Tinjauan Teoritis/Kajian Teori/Kajian Kepustakaan. Tulis dan buat kajiannya teori-teori yang relevan dengan penelitian. Jangan menulis teori-teori yang tidak relevan. Kita bisa mendapatkannya dari buku teks atau dari jurnal-jurnal ilmiah, baik secara off line maupun on line.
  6. Hipotesis Penelitian (Jika ada/diperlukan). Hipotesis adalah dugaan sementara yang masih harus diuji kebenarannya. Sebagian penelitian tidak memerlukan hipotesis, sehingga jika tidak diperlukan, maka hipotesis tak perlu ada. Perhatikan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Rumusan masalah yang memerlukan penjelasan-penjelasan dan menggunakan kata tanya “bagaimana”, tidak memerlukan hipotesis. Penelitian yang rumusan masalahnya, memerlukan uji pengaruh antar variable, memerlukan hipotesis.
  7. Metodologi Penelitian; meliputi pendekatan atau desain penelitian, identifikasi variable, definisi operasional dan indikator variable, jenis dan sumber data, penjelasan populasi dan sampel penelitian, alat analis, dan teknik analisis. Untuk melengkapi bacaan Anda sila baca tulisan tentang variabel di sini.
Tidak kalah penting, perlu saya ingatkan bahwa dalam penulisan karya ilmiah di perguruan tinggi di Indonesia, bila menggunakan bahasa Indonesia, maka bahasa Indonesia yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku, BUKAN bahasa gaul. Jadi aturan-aturan pokok penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, harus diikuti. Demikian, semoga bermanfaat. Salam bahagia dan terus berkarya!

2 komentar:

  1. terimakasih, sangat bermanfaat buat saya yang lagi kelimpungan untuk memulai membuat proposal skripsi

    BalasHapus