Selasa, 28 Mei 2013

Adjective dan Adverb

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,---
"Bila manusia melihat dengan pikiran, semua terlihat terpisah-pisah. Bila ia belajar melihat dengan hati, semua hanyalah satu" (Gede Prama)
Dear pembelajar,
Beberapa waktu lalu kita telah belajar penggunaan actual dan actually, kali ini saya ingin berbagi tentang perbedaan antara adjective dan adverb. Adjective adalah kata sifat, sedang adverb adalah kata keterangan.

  1. Adjective dapat digunakan dalam dua cara, yaitu (1) sebelum kata benda (a beautiful song/nyanyian indah, a tired expression/ucapan yang membosankan, a typical writer/penulis yang khas). Ini dinamakan attributive position. Dan (2) Sesudah be/is, seems dan beberapa kata kerja lain. Ini dinamakan predicative position. (she's beautiful/ia cantik, she looked tired/ia kelihatan lelah).
  2. Adverb memberikan keterangan tentang perbuatan. (she sings beautifully/ia menyanyi dengan bagus, I am coming soon/saya akan datang segera, you always misunderstand me/kamu selalu salah paham dengan saya)
Sementara ini terlebih dahulu. Masih ada beberapa lagi kriteria penggunaan keduanya. Mudah-mudahan saya bisa segera menulisnya untuk Anda.
Salam bahagia dan terus berkarya!
(source: Shomad Robith&Asrori, Tata Bahasa dan Penggunaan Kata Bahasa Inggris)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar