Rabu, 03 Oktober 2012

Critical Choices: Mengejar Sukses



Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,---
“Banyak orang memunyai pikiran yang salah atas sumber kebahagiaan sejati. Kebahagiaan itu tidak didapatkan melalui pemuasan diri, tetapi melalui kesetiaan untuk meraih tujuan yang berharga” (Hellen Keller)

Dear pembelajar,
Sejarah dipenuhi contoh orang yang dulunya bukan apa-apa, namun kemudian menjadi memunyai reputasi dan terkenal. Madonna pernah harus menjual donat di toko Time Square Shop. James Earl Jones, pernah mengepel lantai. Billy Joel, ia menyukai musik, namun saat masih muda ia sulit mencari nafkah dengan bermain musik.
Ia bernyanyi di bar yang remang-remang, bermain piano untuk para pemabuk, drop out dari SMU tanpa pengalaman. Ia begitu miskin hingga harus tidur di loundry.

Stephen Covey dalam The Seven Habits of Highly People, mengemukakan bahwa untuk benar-benar sukses, seseorang harus berfokus kepada kebutuhan non material dalam kehidupan—sebab itu semua yang memberikan arti hidup. Itu semua menjadikan hidup ini bermakna.

Viktor Frankl juga mengemukakan, “Kesuksesan adalah efek samping yang tidak diinginkan dari dedikasi seseorang untuk sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri, atau hasil pengabdian seseorang kepada orang lain selain dirinya sendiri”.

Kesuksesan dalam berkarir tidak terjadi dalam semalam. Untuk kesuksesan yang kita raih, biasanya kita mengalami banyak kegagalan di sepanjang jalan itu. Setiap kegagalan mengajarkan kita sesuatu dan membuat kita lebih dekat kepada tujuan.

Jika Anda sedang mengatasi keputusan sulit, tanyai diri Anda, apakah Anda benar-benar sedang memilih kepuasan jangka pendek atau kah manfaat jangka panjang. Tidak perlu buru-buru untuk mendapatkan hasil, sebab untuk menjadi berbuah, sebiji benih perlu disemai, ditanam, disiram dan mendapatkan cukup sinar matahari.

Mungkin diantara Anda ada yang menyangkal bahwa Madonna dan Billy Joel, memang ditakdirkan menjadi orang yang sukses, sehingga sukseslah mereka di kemudian hari. Yang perlu kita pikirkan sekarang adalah, bahwa jika ketika itu, Madonna dan Billy sudah tahu bahwa ditakdirkan sukses, apakah mereka akan berjuang sekeras itu?

Dimanapun Anda dan apapun yang sedang Anda lakukan, Anda memunyai bakat sukses. Anda memunyai segala sesuatu dalam diri Anda yang dibutuhkan untuk sukses. Anda hanya perlu menggalinya lebih dalam dan menemukannya. Sukses akan datang jika Anda mengikuti “keinginan” Anda. Maka penting untuk mendengarkan kecondongan hati dan kesukaan hati. 

Marsha Senator mengajarkan bahwa mengejar keinginan adalah satu-satunya cara untuk menemukan sukses yang sesungguhnya. Ketika Anda melakukannya, uang biasanya muncul/mengikuti. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa, kesuksesan Anda tidak diukur dari seberapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan dari mengejar keinginan. Namun, dari fakta atas bagaimana Anda membebaskan diri untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Semoga bermanfaat. Salam bahagia dan terus berkarya!
Sumber: Critical Choices (Daniel R Castro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar