Minggu, 15 Juli 2012

Statistik Deskriptif versus Statistik Inferensial


Bacalah dengan nama Tuhanmu,---,
"Kita tahu apa yang terjadi pada orang-orang yang berhenti di tengah jalan.
Mereka terlindas" (Aneurin Bevan)
Dear pembelajar,
Sebelumnya kita sudah belajar tentang pentingnya statistic. Sekarang kita belajar tentang jenis statistic dalam penelitian. Pernahkah Anda mendengar kata statistic deskriptif dan statistic inferensial? Itu adalah alat uji hipotesis atau alat analisis. Bukankah untuk menganalisis kita butuh alat? Alat analisis ini biasanya diletakkan dalam Bab III dalam skripsi (proposal skripsi).


Tidak jarang Anda dibuat bingung, sebab beberapa buku pedoman penulisan skripsi, tidak jelas membedakan mana yang disebut alat analisis dan mana yang dimaksud teknik analisis. Mereka menggunakannya secara bergantian dan rancu. 

Mudah-mudahan setelah membaca ini, Anda tidak lagi perlu ikut-ikutan rancu. Statistic adalah alat. Maka, saya lebih suka menyebutnya sebagai alat analisis. Sebab, bicara teknik analisis adalah bicara (penjelasan secara) teknis, langkah-langkah apa saja yang dilakukan dalam analisis data.  
(Perhatikan ini! Bagaimana teknisnya? Teknisnya begini, pertama-tama kita melakukan ….., kemudian kita lakukan…., selanjutnya......dan terakhir kita lakukan.....----Inilah yang namanya (penjelasan) teknik/teknis!)

Bagaimana? Jelas bedanya kan, mana alat analisis dan mana teknik (langkah-langkah teknis dalam) analisis?

Sekarang, mari kita lanjutkan. Statistic dibagi dua jenis, yaitu deskriptif dan inferensial. Sebelumnya, saya hanya ingin mengingatkan bahwa pemilihan alat analisis (jenis statistic), sangat tergantung pada masalah penelitian yang akan diselesaikan (rumusan masalah), tujuan penelitian dan hipotesis penelitian (jika ada). Maka untuk memilih alat analisis, perhatikan tiga poin tersebut, yaitu rumusan masalah, tujuan penelitian dan hipotesis penelitian.

Selanjutnya kita simak apa itu statistic deskriptif dan statistic inferensial. Menurut Purbayu BS & Ashari (2005),

  1. Statistik deskriptif adalah bidang statistic yang berhubungan dengan pengelompokan, peringkasan dan penyajian data dalam cara yang lebih informatif. Pada statistic jenis ini, teknik yang dilakukan berhubungan dengan penyajian data statistic dalam bentuk gambaran angka-angka. Teknik-teknik umum yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi rata-rata (mean), median, modus dan varians.
  2. Statistik Inferensial adalah teknik statistik yang berhubungan dengan analisis data untuk penarikan kesimpulan atas data. Teknik ini berhubungan dengan pengolahan data statistic. Sehingga dengan menggunakan hasil analisis tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan atas karakteristik populasi. Teknik umum yang digunakan meliputi uji hipotesis, analisis varians, teknik regresi dan korelasi.
Demikian, semoga bermanfaat.Terima kasih sudah membaca,
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS:  0878 5320 1968

1 komentar: