Selasa, 24 Juli 2012

Prosedur Penelitian Ilmiah


Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,
"Keluhan yang terus menerus adalah balasan yang sangat menyedihkan atas semua kenyamanan yang sudah kita nikmati"(Benyamin Franklin)

Dear pembelajar,
Salah satu cara menyelesaikan masalah adalah dengan penelitian. Masalah (apa, mengapa, bagaimana, dsb), dapat diselesaikan dengan dua cara, yaitu dengan cara-cara yang tidak ilmiah (subyektif) dan dengan cara ilmiah. Menyelesaikan masalah secara tidak ilmiah seperti, menggunakan kekerasan hati, otoritas, kewibawaan dan intuisi.

Sedangkan menyelesaikan masalah secara ilmiah adalah menyelesaikan masalah dengan obyektif, cermat, sistematis dan berdasarkan ilmu pengetahuan. Kegiatan inilah yang disebut riset/penelitian.

Lantas bagaimanakah tahapan atau prosedur riset itu?
Riset diawali dengan keraguan atas kebenaran pengetahuan atau rasa keingintahuan yang sangat (curious) atas sebuah kebenaran atau kebenaran yang sudah ada. Inilah yang disebut stimuli/rangsangan. Ketika timbul rasa seperti itu, maka timbullah keinginan untuk mempertanyakan kembali (research) terhadap kebenaran yang dipunyai. Untuk mengakhiri konflik itu dibutuhkan obyektivitas.

Jika kita dihadapkan pada sebuah rangsangan/stimuli, maka kita akan merespons (bertindak), melalui penalaran (logika) tertentu. Perhatikan proses stimuli-respons. Ketika ada stimuli, stimuli akan ditangkap oleh panca indra, lalu diteruskan ke otak.

Dalam otak, stimuli akan dinalar sesuai dengan pengetahuan yang ada (logis), untuk menemukan pemecahannya. Selanjutknya diperintahkan ke organ tubuh untuk melakukan sesuatu/bertindak/merespons dalam rangka menjawab stimuli. Bila belum berhasil, proses ini akan berlangsung terus, berulang kembali hingga diperoleh tindakan yang paling sesuai. Maka prosedur penelitian ilmiah pun mempunyai tiga ciri pokok, sitematis (memiliki tata urutan tertentu), logis( menggunakan dan dapat diterima oleh akal) dan empiris (sesuai atau berdasarkan realitas).

Hasil penelitian ilmiah adalah kebenaran ilmiah. Jadi penelitian ilmiah adalah proses yang sistematis, logis, dan empiris untuk mencari kebenaran ilmiah atau pengetahuan ilmiah. (Gempur Santoso;2007)

Lalu bagaimana tahapan dalam riset/penelitian itu? Banyak sekali pendapat tentang ini, namun saya lebih tertarik dengan tahapan riset yang dikemukakan oleh Istijanto (2005). Inilah tahapan riset menurutnya:
  1. penetapan masalah riset
  2. penentuan desain riset: tentukan desain riset apakah riset Anda termasuk eksploratori, deskriptif, ataukah kausal. Desain riset hanya dapat ditentukan bila masalah dan tujuan penelitian sudah dirumuskan dengan jelas. Tanpa diketahui masalah dan tujuan penelitian, rancangan penelitian akan tetap kabur, sebab kebutuhan data belum jelas.
  3. metode pengumpulan data; jika masalah dan tujuan penelitian jelas, maka kebutuhan data juga jelas. Jika kebutuhan data sudah diketahui, maka dapat ditentukan metode pengumpulan data, apakah Anda mengumpulkan data sekunder (internal, eksternal) ataukah primer (kualitatif; wawancara/focus group/teknik proyeksi ataukah kuantitatif; survey/observasi/eksperimen).
  4. merancang kuisioner (terbuka/tertutup); merancang skala pengukuran (nominal, ordinal, rasio), merancang alat analisis (kualitatif/kuantitatif)
  5. pengambilan sample (probability; simple random/sistematik/stratified ataukah non probability; judjement/covenient/quota/snowball)
  6. penyampaian proposal
  7. kegiatan pengumpulan data (lapangan)
  8. pengeditan, pengkodean dan input data
  9. analisis dan interpretasi hasil riset
  10. penulisan dan penyampaian laporan
Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca terima kasi Allah SWT. Salam bahagia dan terus berkarya.
Inspired by:
  1. Gempur Santoso (2007), Fundamental Metodologi penelitian
  2. Istijanto (2005), Aplikasi Riset Pemasaran

CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS:  0878 5320 1968


1 komentar: