Senin, 09 Juli 2012

Memanjat Tangga Kepemimpinan-4


Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,----
“Pemimpin sejati dapat dikenali dengan satu cara, yaitu anak buahnya menunjukkan unjuk kerja yang unggul” (Robert Towsend)
Dear pembelajar
Tiga tangga kepemimpinan sudah kita pelajari, yaitu kedudukan, ijin dan produksi. Tibalah kita pada tangga ke 4, yaitu pengembangan manusia. Pemimpin sejati adalah mereka yang terus bergerak menapaki tangga-tangga kepemimpinan. Setelah memperoleh kedudukan, mereka menlanjutkan perjalanannya. Tidak berhenti sampai di sana. Untuk melakukan pekerjaannya, mereka berupaya mendapat ijin orang-orang dalam organisasinya.

Agar produksi (dan kinerja) yang direncanakan dapat dicapai dengan baik. Jika produksi (tangga ke 3) telah berjalan dengan baik, maka tangga berikutnya yang harus dipanjat adalah tangga “Pengembangan Manusia”. Dalam buku Maxwell diceritakan jawaban Robert Towsend ketika ditanya “Bagaimana Anda menemukan pemimpin sejati?”

Menurut Towsend, para pemimpin itu bermacam-macam. Mereka punya berbagai ukuran, umur, bentuk dan keadaan. Beberapa merupakan administrator yang buruk, beberapa yang lain tidak begitu pintar dan bermutu rendah. Lantas bagaimana mengenalinya? “Pemimpin sejati dapat dikenali dengan satu cara, yaitu anak buahnya menunjukkan unjuk kerja yang unggul”

Seorang pemimpin hebat, bukan karena kekuasaannya, melainkan karena kemampuannya memberikan kekuatan kepada orang lain. Sukses tanpa pengganti adalah sebuah kegagalan.
Tanggung jawab pekerja adalah melakukan pekerjaannya sendiri. Tanggung jawab pemimpin adalah mengembangkan orang lain untuk melakukan pekerjaan. Puncak loyalitas adalah ketika pengikut secara pribadi, tumbuh melalui bimbingan sang pemimpin.

Nah, sentuhlah orang-orang Anda dan bantulah mereka berkembang. Maka cinta dan loyalitas akan Anda dapatkan.

***Inilah yang sebaiknya dilakukan ketika berada di tangga ke empat, sebelum mendapat kemajuan ke tingkat berikutnya:
  • sadarilah bahwa manusia adalah asset yang paling berharga
  • tempatkan prioritas pada pengembangan manusia
  • jadilah teladan untuk diikuti orang lain
  • tuangkan upaya kepemimpinan Anda ke dalam 20% puncak anak buah Anda
  • hadapkan pemimpin kunci dengan kesempatan pertumbuhan
  • milikilah kemampuan untuk menarik pemenang/penghasil lain ke tujuan bersama
  • kelilingi diri Anda dengan inti bagian dalam yang melengkapi kepemimpinan Anda

Terima kasih sudah membaca,
Salam bahagia dan terus berkarya!   
Sumber: Mengembangkan Kepemimpian Di Dalam Diri (John C. Maxwell)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar