Selasa, 29 Mei 2012

Inti Pemasaran


Bacalah dengan nama Tuhanmu,-----
"Bila Anda mendewakan uang Anda, ia akan mengganggu seperti setan" (Henry Fielding)
Dear pembelajar,----
Apa sih inti pemasaran itu? Dalam bukunya A Genie’s Wisdom, Jack Trout menuliskan sesuatu yang membuat saya tersentak. Kepada pembaca bukunya, ia mengatakan, “Membaca kisah sukses dan gagal, jauh lebih bermanfaat dari pada membaca buku-buku pemasaran”.

Saya tidak bermaksud mengajak Anda meninggalkan teori-teori yang diajarkan di kampus-kampus, namun saya hanya berkepentingan memberikan alternative saja bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari teori.

Nah apa pendapat Trout tentang pemasaran? Pemasaran itu seperti sebuah film, dimana produk adalah bintangnya. Pernah melihat film kan? Setiap orang dan segala sesuatu yang mendukung film itu, menceritakan sebuah kisah sederhana tentang mengapa produk saya berbeda dan mengapa sebaiknya dibeli, dari pada membeli produk lain.

Jika produk Anda bertujuan menyelesaikan masalah, maka dramatisirlah masalah itu, lalu munculkan produk Anda sebagai penyelamat.

Jika produk Anda adalah “film lanjutan”, maka perkenalkan “film sebelumnya” untuk mendramatisir kekinian produk Anda yang sekarang.

Jika produk Anda mempunyai pesaing yang lebih besar, jelaskan mengapa produk Anda adalah alternative yang bagus.

Trout melarang gerakan “tiru-meniru”.

Salam bahagia penuh karya!

2 komentar: