Selasa, 24 April 2012

Topik Penelitian Skripsi


Bacalah dengan nama Tuhanmu,----
"Kebanyakan kita gemar memandang dan terkagum-kagum pada puncak gunung,
lupa bahwa kaki menginjak lembah" 
(Aridha Prassetya)
Dear pembelajar,---

Ketika melalui kronologi facebook, saya mengajak belajar menulis skripsi, seorang mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi di Banda Aceh, bertanya, “…untuk penulisan skripsi bidang Hukum Perdata, kira-kira apa yang bisa diangkat untuk  dijadikan judul ya mbak...?” Sesaat kemudian saya membalas:


"Mengapa tidak ambil ‘Peran LBH dalam menangani persoalan-persoalan perdata untuk rakyat?’ Misal, hilangnya kepemilikan lahan, rumah dll dalam kasus Lapindo. atau di daerah Anda sendiri, ada persoalan perdata apa? Angkat saja persoalan-persoalan rakyat kecil di kanan kiri Anda, yang harus ditolong. Tak usah yang muluk-muluk/jauh-jauh. Persoalan rakyat kecil, jangan dipandang sebagai persoalan sederhana. Buktinya, hukum kerap tak mampu menyelesaikan dan menolong mereka. Kepada siapa lagi mereka berharap kalau bukan pada kampus, mahasiswa dan LBH, yang (masih) punya misi sosial? ok, be successful!



Besoknya, ia hadir menyapa “terimakasih banyak mbak ya atas sarannya,,..ini sangat menolong…” Puji syukur dalam hati (saya), bila itu menolongnya.

Untuk diketahui. Bukan hanya mahasiswa yang gemar berpikir yang muluk-muluk, tapi para dosen juga demikian. Lupa atau tidak peka terhadap begitu banyak persoalan di kanan kiri kita, yang memerlukan penelitian dan penyelesaian masalah. 



Itulah sebabnya skripsi tak jadi-jadi. Itu jugalah sebab mengapa baik penelitian maupun tulisan para dosen tidak pernah jadi. Terlalu lama berpikir sematangnya pada tingkat judul. Terlalu ingin matang memandang ‘puncak gunung’, lupa bahwa kakinya menginjak “lembah”. Ini yang membuat terpaku dan terpukau terlalu lama, sehingga kaki tidak bergerak melangkah. Padahal, untuk mencapai puncak, harus bertindak.



Itu tadi adalah contoh topic skripsi yang dapat diambil oleh mahasiswa bidang hukum. Lalu untuk ekonomi? Banyak! Misalnya gagalnya usaha kecil, peran pemerintah dalam pengembangan industri kecil, penelitian pemasaran (produk, harga, promosi, distribusi, perilaku konsumen, segmentasi, pangsa pasar, rencana pemasaran, respon pelanggan) dan lain-lain.



Bagaimana dengan penelitian untuk bidang pendidikan? Banyak juga! Kritisi kebijakan pemerintah yang tidak tepat seperti RSBI, SBI, UN, efektivitas pembelajaran, efektivitas model pembelajaran, buku ajar, kepemimpinan kepala sekolah, gaya mengajar guru, motivasi siswa guru, dll.



Nah, apa rencana skripsi Anda? Pikirkan dan bergeraklah!



Terima kasih sudah membaca,

Salam bahagia dan terus berkarya!
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar