Senin, 30 April 2012

Pertimbangan Memilih Masalah Penelitian


Bacalah dengan nama Tuhanmu,-------
"Kalau kuda Anda mati, demi kebaikan And sendiri_turunlah!" (Eddy Ketchursid)
Dear pembelajar,
Masih ada satu hal penting yang harus saya sampaikan terkait dengan menentukan masalah penelitian. Apa yang diajarkan Jonathan Sarwono (2006) ini, penting untuk diketahui. Menurutnya, ada 5 hal yang harus dipertimbangkan ketika kita memilih masalah penelitian, yaitu:
 

  1. Dapat dilaksanakan (apakah kita dapat melakukan penelitian tersebut? Apakah kita punya cukup waktu untuk melaksanakannya? Apakah kita mempunyai akses untuk memperoleh sample penelitiannya? Apakah jawaban akan masalah bakal kita dapatkan melalui penelitian tersebut? Apakah metode yang kita perlukan sudah kita kuasai?)
  2. Jangkauan penelitiannya (apakah masalahnya cukup memadai untuk diteliti? Apakah jumlah variabelnya sudah cukup? Apakah jumlah datanya cukup untuk dilaporkan secara tertulis?)
  3. Keterkaitan (apakah kita tertarik dengan masalah tersebut beserta pemecahannya? Apakah masalah yang kita teliti berkaitan  dengan bidang kita? Jika kita melakukan penelitian tersebut apakah kita akan mendapatkan nilai tambah untuk pengembangn diri kita?)
  4. Nilai teoritis (apakah masalah yang kita teliti akan mengurangi kesenjangan teori yang ada? Apakah pihak lain seperti pembaca atau pemberi dana akan mengakui pentingnya penelitian ini? Apakah hasil penelitian akan memberikan sumbangan terhadap ilmu yang kita pelajari? Apakah hasil penelitian layak dipublikasi?)
  5. Nilai praktis (apakah hasil penelitian nantinya akan memiliki nilai-nilai praktis bagi praktisi di bidang yang sesuai dengan masalah yang diteliti?)
Nah, camkan gagasan tersebut. Jika Anda sudah terlanjur memilih masalah penelitian, tinjaulah kembali masalah penelitian Anda, namun jika Anda belum mulai, maka pertimbangkanlah hal-hal yang baru saja Anda baca!
Salam bahagia penuh karya!
CATATAN:
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar