Kamis, 19 April 2012

Enaknya Bisnis Apa ya...???


Bacalah dengan nama Tuhanmu, -----
"Mereka yang ikut arus, tak kan pernah memiliki pengikut" (John. C. Maxwell)
Dear pembelajar,---- 
Kemarin saya bertatap muka dengan para mahasiswa yang saya cintai. Bahagia melihat wajah mereka senantiasa berbinar dalam kelas saya. Waktu kami hanya tinggal setengah jam. Saya tanya mereka, apa yang mereka ingin tahu tentang ilmu Manajemen Pemasaran. Mereka hanya tersenyum pada saya dan pada kawan-kawan sekelasnya. Saya tawarkan mereka untuk belajar sesuatu dan mereka setuju. 


Sengaja saya ganggu imajinasi mereka soal pemasaran dalam praktik. Saya tanya mereka, apa yang akan mereka lakukan bila mereka punya lima belas juta rupiah. Sebenarnya saya terinspirasi oleh Prof. Soeroso Imam Djazuli, guru semasa kuliah dulu. Kala itu kami diberi PR untuk pertanyaan yang sama, dengan dana sepuluh juta.



Kelas dibagi menjadi 4 kelompok dan saya minta agar segera mengirim berita usai kuliah, bisnis apa yang hendak dikreasi dengan lima belas juta. Mulai minggu depan mereka harus presentasi rencana bisnisnya.



Bisnis apa yaaa....?



Terlepas dari imajinasi dana sebesar 15 juta, saya ingin membagi pengetahuan yang saya baca dari buku Kotler. Inilah produk yang bisa dibisniskan/dipasarkan:



  1. Barang

Perhatikan sekitar tentang segala yang berwujud (fisik). Kita biasa menyebutnya sebagai PRODUK. Ada banyak ragam barang makanan, minuman, peralatan rumah tangga, alat transportasi seperti sepeda motor, mobil dsb, pelengkapan toiletries (sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, obat kumur, dll)


  1. Jasa

Jasa salon (potong rambut, pengecatan rambut, sambung rambut, creambath, dsb), jasa pijat, jasa penyimpanan, pekerjaan maskapai udara, hotel, sewa mobil, sewa pelaminan, sewa terop, sewa baju pengantin, ojek, jasa konsultan, jasa pengacara, jasa dokter, jasa guru, jasa programmer, jasa mekanik dll


  1. Acara

Termasuk dalam acara adalah, pertandingan sepak bola, tinju, olimpiade, piala dunia, pertunjukan seni budaya, pertunjukan music, dll.


  1. Pengalaman,

Pernah ke Taman Safari atau tempat hiburan lain kan? Pengalaman menggendong bayi macan, pengalaman berkelana di Sea World, pengalaman berperahu, pengalaman menyusuri rumah hantu, pengalaman menyelam, berenang, bermain segala permainan khayalan, pengalaman tinggal dalam hutan sebagai bentuk dari wisata hutan peradaban masa lalu tanpa listrik, pengalaman kencan dengan artis ngetop dsb.


  1. Orang

Sekarang ini makin sering kita mendengar “manajemen artis”. Mereka “menjual” artis sesuai bakat mereka, seperti penyanyi, pesinetron, presenter, dan profesi lainnya.


  1. Tempat

Pemasaran kota, daerah, Negara merupakan salah satu contoh pemasaran tempat. Silakan Anda pelajari disini.


  1. Property

Bisnis property adalah bisnis kepemilikan seperti , ruko, real estate, property financial (saham dan obligasi), investasi, dsb.


  1. Organisasi

Menurut Kotler, organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat, disukai dan unik di benak public. Apa yang ada dalam kepala Anda? Apa yang Anda bayangkan tentang partai-patai yang ada dalam gedung dewan? Menurut Anda mereka menjual apa? Nah, inilah contoh bahwa organisasi pun dapat dipasarkan.


  1. Informasi

Informasi adalah apa yang dihasilkan, dipasarkan, dan didistribusikan oleh buku, sekolah, dan produk universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, siswa dan komunitas. (Kotler, 2009)

Majalah, bulletin, tabloid, media. Mereka menjual informasi.



Hari ini sampai di sini dulu kuliah kita ya! Semoga dapat menginspirasi Anda.



Terima kasih sudah membaca,

Salam bahagia dan terus berkarya!
CATATAN:
Kini BUKU “Melawan Hantu Bernama Skripsi” dapat dipesan, melalui: 
SMS 0857 3366 6553; Harga Rp 20.000,-* (*belum termasuk ongkir dari Surabaya)
Untuk KONSULTASI silakan kirim pertanyaan ke: prassetyaaridha@ymail.com ATAU bisa GABUNG group kuliah on line (gratis) DI http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/

5 komentar:

  1. wahh...kelas saya ini bu..hehehe..sayangnya kemaren lagi blm bisa masuk.tapi kebagyan kelompok pertama yang maju.langsung presentasi ya bu besok?semoga lancar.. :)

    BalasHapus
  2. Riski P (102100774)25 April 2012 15.55

    Bu saya mahasiswa Akuntansi univ 45 bu reg A
    Mengenai artikel yang ibu tulis diatas produk yang bisa dipasarkan ada 9,saya tidak paham yang nomer 4 'pengalaman "
    pengalaman dijadikan produk yang bisa dipasarkan???
    maksudnya bagaimana bu,,,saya tidak paham
    mohon beri penjelasan ya bu,,,thanks

    BalasHapus
  3. sy Linda kusuma fakultas ek/akuntansi univ 45 surabaya
    mencoba bisnis dg modal yg sedikit,resiko yg sedikit, untuk mendapatkan untung yg tdk sedikit seperti prinsip ekonomi.
    kita bisa bisnis online seperti baju, makanan dll bisa di pasarkan ke teman2 atau keluarga serta lewat fb,twiter dll
    sy memilih u/ bisnis online terlebih dahulu karena wktunya bisa kita atur dan tidak terlalu mengganggu aktivias kita, di karenakan kita mempunyai aktivitas lain selain kuliah yaitu bekerja.
    terima kasih

    BalasHapus
  4. salah satu pondasi bisnis adalah perencanaan, namun terkadang perencanaan berbeda dengan keadaan pasar yang terjadi. berapa lamakah sebenarnya riset yang diperlukan untuk sebuah bisnis Bu?
    Untuk menghindari riset yang terlalu lama dan mendetail, apakah yang diperlukan seorang pebisnis ? terima kasih

    BalasHapus
  5. Sepakat dengan yang komentar di atas Bu..

    saya bingung dengan poin "pengalaman"?

    makasih bu.

    BalasHapus