Sabtu, 11 Februari 2012

Kebijakan DIKTI dan Publikasi Karya Ilmiah


Bacalah dengan nama Tuhanmu,_______
"Tidak ada cara lain untuk berhasil, kecuali Anda berusaha dan bersedia menyelesaikannya" (Aridha Prassetya)
Dear Pembelajar,
Ditjen DIKTI, secara cukup mengejutkan telah membuat surat edaran kepada seluruh rektor Perguruan Tinggi se Indonesia, agar mereka memperbaiki kualitas kampus sebagai lembaga ilmiah. DIKTI menghimbau agar publikasi karya ilmiah menjadi syarat kelulusan dan perolehan gelar kesarjanaan, baik S1, S2 maupun S3.

Saya telah menulis tentang hal ikhwal kebijakan baru tersebut di sini, namun saya sangat yakin, cepat atau lambat kebijakan DIKTI itu pasti (harus) dijalankan. Maksimal, yang dapat dilakukan oleh DIKTI untuk sementara adalah sedikit mentoleransi timing pelaksanaan, sembari memberi kesempatan kepada setiap jurusan yang ada pada setiap kampus untuk menyiapkan jurnal ilmiah mereka.

Kampus memang tidak mungkin terbebas dari kegiatan-kegiatan ilmiah, oleh karenanya, kita semua yang berurusan dengan kampus, hendaknya bersiap-siap dengan hal ikhwal yang “berbau ilmiah”. Menulis karya ilmiah adalah sebuah Keharusan.

Hal penting yang ingin saya sampaikan adalah bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal ini, sebab membuat karya ilmiah untuk tingkat S1, tidaklah begitu sulit. Yang perlu dilakukan hanyalah bersedia untuk membuat dan menulis sendiri.

Berdasarkan pengalaman pengamatan, banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan soal bagaimana menulis karya ilmiah (skripsi). Itulah sebabnya saya merasa “terpanggil” untuk ikut serta memberikan solusi peneduhan atas kesulitan itu. Mulai hari ini, secara reguler dan kontinyu, www.papanputih.com, akan membimbing para pengunjung (khususnya S1), untuk memahami detail-detail penting proses pembuatan karya ilmiah (skripsi).

Menu “Karya Ilmiah” www.papanputih.com, akan berbagi soal sudut-sudut penting dari sebuah karya ilmiah yang harus diketahui/dicermati oleh setiap mahasiswa, sehingga ini dapat memudahkan proses penulisannya.

Sekali lagi! Tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal karya ilmiah dan publikasinya. Mahasiswa hanya perlu menyiapkan diri dalam penulisan, lalu kemudian memulai menulis dengan segera.

Terima kasih sudah membaca,

Salam bahagia dan terus berkarya!
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

Tidak ada komentar:

Posting Komentar