Senin, 19 Desember 2011

INTEGRITAS

Bacalah dengan nama Tuhanmu,____
“Yang memisahkan yang baik dengan yang hebat adalah HATI” (Michael Jordan)

Dear pembelajar,____
Seperti biasa, tatap muka dengan mahasiswa, bagi saya adalah sebuah kesempatan yang sangat membahagiakan. Malam itu kami belajar tentang Perilaku Organisasi dan tibalah saatnya kami membahas soal KELOMPOK KERJA (TEAM WORK). Semula para mahasiswa tidak mengerti apa maksud saya meminta mereka maju satu per satu ke depan. “Irfan!”, saya panggil salah seorang mahasiswa yang duduk paling belakang.
Demikian saya memulai kelas setelah menanyakan keadaan hati dan kesehatan mereka. “Iya..bu!”, jawab Irfan. “Coba Anda maju ke depan kelas!” Irfan semula menoleh kanan kiri, tidak paham apa yang saya maksud, namun akhirnya dia maju juga ke arah papan tulis.

“Coba, buat satu kotak di tengah halaman white board, lalu tuliskan di dalamnya, frase kata TEAM WORK EFECTIVENESS!” , tidak butuh waktu lama bagi Irfan untuk memenuhi permintaan saya. Sesaat kemudian, “sudah bu?”, tanyanya. “Ya! Sudah. Silahkan kembali ke tempat duduk Anda!”

Kelas masih terdiam, tapi saya segera memecah keheningan. Saya minta mereka satu per satu maju dan menuliskan kata-kata yang relevan dengan frase yang telah ditulis oleh Irfan. “Jika Anda mendengar frase kata ‘Kelompok kerja yang efektif’, kata apa yang anda pikirkan? Nah, coba tuliskan di papan! Masing-maisng kalian harus punya satu kata!” Dalam waktu yang tidak terlalu lama, kami sudah mendapatkan lebih dari 40 kata. Saya bahagia membaca ide yang mereka tulis.

Begitulah salah satu cara yang saya lakukan untuk membuka kebuntuan pemikiran. Apa yang mereka pikir sulit dan kompleks ternyata bisa disederhanakan. Lain halnya jika saya langsung menanyakan kepada mereka dengan mengajukan pertanyaan, “apakah yang dimaksud dengan kelompok kerja yang efektif?” Jawabannya akan sangat terbatas. Dengan memberikan kebebasan berpendapat kepada mereka, ini akan menurunkan ketegangan dan mencairkan kebekuan. Bahkan mahasiswa sendiri pun masih terheran-heran menyaksikan kemampuan mereka menuangkan gagasan yang begitu variatif terkait kata utama yang telah ditulis Irfan.

Ada kata visi, misi, tujuan, leader, koordinasi, rencana, evaluasi, tanggung jawab, transparansi, intensitas pertemuan, mitra kerja/anggota kelompok, wewenang, kejujuran, integritas, komitmen, konsisten, dst.

Saya belum ingin menulis sekarang simpulan dari apa yang sudah kami bahas soal kelompok kerja yang efektiv, tetapi saya lebih dahulu ingin menulis soal integritas. 

Satu kata yang ditulis oleh Lutfi ini berhasil menarik perhatian saya. Ia mengatakan kepada kelas bahwa integritas yang dimaksud adalah kejujuran. Jika dalam kelompok kerja tak ada kejujuran, maka tamatlah riwayat sebuah kelompok kerja. demikian inti pendapat Lutfi.

Saya memahami apa yang dimaksudkan Lutfi tentang integritas dan saya menambahkan bahwa ada pengertian lain dari kata integritas yaitu, “satunya kata dan perbuatan”. Selanjutnya, kami membahas hingga selesai soal efektivitas kerja kelompok kerja.

Sepanjang perjalanan pulang, kata “integritas”, masih mengganggu pikiran saya. Sampai di rumah, saya mencoba mencari-cari sesuatu, buku khusus yang membahas soal kata yang satu itu. Dan saya berhasil menemukan apa yang saya cari-cari. 

“Keunggulan Integritas”, sebuah buku karya Adrian Gostick & Dana Telford, memberitahu saya soal apa sih yang dimaksud dengan integritas itu. 

Menurut mereka, ada 10 karakter integritas, yaitu:
  1. anda menyadari bahwa hal-hal kecil itu penting,
  2. anda menemukan yang benar saat orang lain hanya melihat warna abu-abu,
  3. anda bertanggungjawab,
  4. anda menciptakan budaya kepercayaan,
  5. anda menepati janji,
  6. anda peduli terhadap kebaikan yang lebih besar,
  7. anda jujur dan rendah hati,
  8. anda bertindak bagaikan sedang diawasi,
  9. anda mempekerjakan integritas,
  10. anda konsisten

Tidak mudah memang menjadi sosok yang sesempurna itu, yang bertindak dengan cara yang sepuluh itu. Namun terpenting adalah bahwa deskripsi karakter-karakter itu dapat menjadi patokan yang mengarahkan kita untuk menjadi pribadi yang memiliki integritas tinggi.

Salam bahagia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar