Sabtu, 09 Juli 2011

Latar Belakang dan Rumusan Masalah


Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,______
"Jangan pernah mengambil jalan pintas, karena percuma dalam jangka panjang". (John C. Maxwell)
Dear pembelajar,
Setiap karya ilmiah dimulai dengan menulis latar belakang permasalahan (yang diangkat) dan disusul kemudian dengan merumuskan masalah. Saya telah menulis sebelumnya soal ini di sini, tetapi saya harap anda juga memperhatikan apa yang saya susulkan berikut. Sebab, ini adalah bagian dari pengembangan pengetahuan kita bersama. Utamanya soal skripsi.

Latar belakang/pendahuluan
Apa yang harus anda perhatikan tentangnya? Pertama, latar belakang/pendahuluan menguraikan apa dan mengapa anda tertarik meneliti topic itu dan dimana letak kemenarikannya. Ke dua, latar belakang/pendahuluan juga menguraikan mengapa penelitian itu begitu penting untuk dilakukan. Ke tiga, latar belakang/pendahuluan menguraikan persoalan yang sedang dihadapi oleh ia yang menjadi “obyek” penelitan anda. Ke empat, latar belakang sebaiknya juga menguraikan bagaimana secara teoritis sesuatu itu seharusnya terjadi dan bagaimana fakta yang dihadapi oleh obyek yang anda teliti. Dari sini ketahuan senjang atau gap nya. Ingat bahwa permasalahan muncul ketika ada senjang antara apa yangs eharusnya dengan apa yang senyatanya. Ini akan menuntun anda mengakhiri penulisan latar belakang masalah dan melangkah menuju penulisan ‘rumusan masalah’
a.        
RRumusan masalah
Berbicara rumusan masalah, mungkin anda bertanya , apakah sebaiknya masalah itu dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya ataukah kalimat positif (statement) ? Ya, anda boleh merumuskannya baik dalam kalimat positif atau pun kalimat tanya. Namun demikian merumuskan masalah dalam bentuk kalimat tanya akan memudahkan kita berfokus kepada pertanyaan tersebut selama penelitian. Rumusan masalah berupa pertanyaan akan menjaga ruang gerak penelitian dan pembicaraan kita agar tetap berjalan pada koridor “rumusan masalah” tersebut, tidak keluar dari jalur dan tidak melenceng keluar pertanyaan-pertanyaan ayng mesti dijawab.

Apakah yang stidaknya harus terjawab dahulu, agar rumusan masalah penelitian merupakan rumusan yang tepat dan memang merupakan persoalan yang akan diteliti? Inilah beberapa pertanyaan yang harus anda “pegang” jawabannya, behind the screen (di belakang layar rumusan):
·         Apakah saya paham betul bidang ini dan mengetahui literaturnya dengan sangat baik?
·         Apa pertanyaan riset penting untuk penelitian saya?
·         Area apa saja yang memerlukan penjelajahan/eksplorasi lebih jauh?
·         Apakah riset saya dapat menyelesaikan gap/senjang itu dan mengarah kepada pemahaman yang lebih mudah?
·         Apakah pernah dilakukan riset sebelumnya soal ini? Jika ada, apakah masih ada ruang-ruang yang perlu diungkap dan diperbaiki?
·         Apakah hal yang akan saya riset ini merupakan hot topic, menarik untuk diteliti dan merupakan hal yang mutlak untuk dilaksanakan?
·         Jika dikembangkan untuk memperoleh pendanaan, apakah sesuatu yang akan saya riset menarik si empunya dana?
·         Yang paling penting dari semuanya, apakah riset saya memberi dampak yang signifikan di lapangan, pada waktu yang akan datang?

Nah! Pikirkan tentang jawabannya, lalu mulailah bergerak membuat pemetaan pikiran tentang skripsi anda.

Terima kasih sudah membaca,

Salam bahagia dan terus berkarya!
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

2 komentar:

  1. ah seandainya bisa ketemu situs ini lebih cepat,,,
    "it's all about keyword"

    tapi,,untung juga ketemu sekarang,,hehe
    terima kasih sangat bu,,
    sangat membantu

    BalasHapus
  2. yang gue tau dalam rumusan masalah emang harus kalimat tanya, tapi ga dibenarkan menggunakan tanda tanya "?"

    BalasHapus