Senin, 06 Juni 2011

UAS Manajemen Pemasaran I

Bacalah dengan nama Tuhanmu!,______________

1. Sekarang ini, di luar sana sedang berlangsung penerimaan siswa baru baik SLTA maupun SLTP. Perhatikan dan ambillah satu sekolah saja yang menurut saudara termasuk sekolah mahal. Saudara dapat menggunakan dukungan fasilitas internet untuk men_judge, bahwa sekolah tersebut adalah sekolah mahal. Identitas sekolah harus jelas. Selanjutnya jelaskan kepada saya:

a. Apakah visi misi sekolah tersebut yang dijanjikan kepada para calon konsumen? Menurut saudara, apakah mereka benar-benar berada pada koridor visi misi tersebut? Mengapa demikian?
b. Uraikan keadaan produk, harga dan cara mereka berpromosi!
c. Berikan uraian tentang segmen yang dituju (target market)!
d. Menurut saudara, mengapa calon konsumen “memutuskan” untuk membeli? Untuk hal ini, simaklah materi ‘proses keputusan pembelian’ yang ada dalam ‘buku hijau’ (Manajemen Pemasaran, Aridha Prassetya). Silahkan merujuk kepada materi tersebut dalam rangka menjelasakan hal ini.

2. Berimajinasilah dengan bebas! Saudara adalah salah satu orang penting dalam perusahaan yang anda ciptakan sendiri. Bayangkan saudara akan memutuskan untuk membuat sebuah produk dan diberi merk tertentu.

a. Beritahu saya produk yang hendak saudara ciptakan itu dan apakah nama merk yang saudara rencanakan rencanakan!
b. Mengapa harus produk tersebut yang saudara buat dan mengapa harus ‘itu’, nama merk yang anda rencanakan?
c. Simak buku hijau (Manajemen Pemasaran, Aridha Prassetya), halaman 118. Di sana, akan saudara dapati ‘Aliran Pemasaran dalam Saluran Distribusi’. Pelajarilah baik-baik lima macam aliran tersebut. Selama menyimak, bayangkan aliran produk saudara mengikuti lima macam aliran tersebut. Sekarang, ceritakan kepada saya, bagaimana produk anda bergerak mengikuti aliran fisik, aliran hak milik, aliran pembayaran, aliran informasi dan aliran promosinya.

Jawaban dikumpulkan sesuai dengan jadwal UAS di kampus. Selamat bekerja semoga sukses!

1 komentar:

  1. Dear
    Ibu Aridha

    jawabannya nukeu kirim lewat email ya..
    terimakasih banyak ya bu...

    Nukeu

    BalasHapus