Kamis, 23 Juni 2011

Skripsi Buru-Buru

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,____________
"Ia yang pandai mencari-cari alasan, jarang pandai dalam hal lainnya." (Benjamin Franklin)
Dear pembelajar,
“Selamat malam bu…minta tolong skripsi saya bab 1 sampai bab 4 sudah saya email ke alamat email ibu, minta tolong bagaimana caranya pokoknya ibu periksa dan kasih bimbingan saya. Toolllonnng ya buuuu…tolooong bangeeet, saya sudah pusssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing…., pokoknya akhir bulan ini harus selesai…!”

Jika anda jadi saya, apa yang akan anda lakukan? Hari ini adalah dua minggu menjelang hari “H” yang “diancamkan” kepada saya. Saya membayangkan diri saya menjadi ‘dosen pembimbing”nya. Maksud saya, saya membayangkan wajah dosen pembimbingnya, jika menemui mahasiswa model begini. Dan saya tidak bisa menyimpulkan bagaimana wajah hati dosen pembimbingnya.

Dalam keadaan yang serba tanda tanya, saya mencoba mengerjakan sesuatu. Saya sampaikan kepadanya, “mari kita do chatting saja”. Akhirnya kami memulai diskusi itu melalui YM. Dari sekian banyak mahasiswa yang chat dengan saya soal skripsi, ia paling menarik. Bagaimana tidak? Ia adalah satu-satunya mahasiswa yang paling tidak tahan "proses". Sepanjang chatting ia terus saja menggelisahkan hasil-hasilnya yang harus tuntas dalam waktu yang secepat-cepatnya, sesingkat-singkatnya. Apa mungkin membuat skripsi dalam waktu seminggu?

Saya berani bilang bahwa menulis skripsi bisa dilakukan dalam kurun waktu satu minggu. Oh ya? Ya! Tetapi ‘meneliti’ nya itu lho..yang butuh waktu lebih dari satu minggu, bahkan lebih dari satu bulan. Meneliti lebih lama dari menulis laporannya dan membuat skripsi, bukan sekedar urusan menulis laporan, tetapi juga meneliti. 

Chatting kami terganggu oleh kegiatan menulis saya yang sedang dalam deadline. Tiba-tiba saja seminggu kemudian ia datang dan mengabarkan bahwa sang dosen pembimbing telah meng ACC untuk sidang.

Tentu saja saya ikut senang. Lalu ia meminta masukan bagaimana menghadapi sidang nanti. Saya sudah memberikan banyak masukan yang harus dicatat ketika kami chatting melalui face book. Tetapi dua hari kemudian, apa yang terjadi? “Ibu, maaf, saya lupa, kemarin itu apa saja yang harus dipersiapkan ketika sidang?”

Itulah sapaan yang diucapkannya ketika itu. Dan saya menjawab, “okay, kunjungi saja link saya ini.

“Baik ibu, saya segera meluncur ke TKP…”

Saya agak lega bernafas, tetapi tidak lama kemudian, ia datang menyapa, masih melalui fb, “Ibu, saya masih bingung, saya masih tidak paham apa yang dinamakan variable, coba ibu lihat lagi judul saya, yang mana yang disebut variable itu, ibu…, tolong saya…”

Saya berkata saja dalam hati (Ya Allah ya Rab…), padahal dalam link itu juga ada rujukan link soal variabel dan ia masih bingung. Bagaimana bisa sebuah skripsi di ACC untuk disidang, apabila yang nulis masih belum paham judul yang ditulis. Itu yang ada di kepala saya, tetapi buru-buru saya istighfar…barangkali memang itu jalannya dia untuk lulus. Siapa tahu ada keajaiban, sebab dia selalu mengaku kepada saya bahwa apapun yang dia lakukan selalu diawali dengan ‘niat baik’. Dan niat baik itu diyakini akan memberikan hasil baik. Moga-moga saja. Saya tetap mendoakan keberhasilannya.

Akhirnya, bukan lagi soal niat baik yang ingin saya bagi nantinya bersama anda, para pembelajar yang sedang memikirkan soal skripsi. Sebab niat baik itu sudah saya anggap sebagai kewajiban kita semua yang tidak lagi perlu diperdebatkan. Saya berterimakasih kepada mahasiswa tersebut, yang telah menginspirasi saya, sehingga hari ini saya tergerak menulis lebih jauh lagi soal skripsi. Saya tentu saja berharap, apa yang ia alami tidak terjadi lagi dan terulang lagi pada anda. Oleh karenanya, saya bermaksud akan mulai menulis soal skripsi itu sejak hari ini, secara bersambung. Nantikan lanjutannya!

Terima kasih sudah membaca,

Salam bahagia dan terus berkarya!
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

6 komentar:

  1. H E B A T buat bu. Aridha dengan kesabaran dan ketelatenanya menghadapi para mahasiswanya...
    Empat jempol deh buat ibu,

    Buat, mahasiswa yang dimaksud...semoga sidangnya lancar amin..

    BalasHapus
  2. makasih Aryo,

    ia jauh dr "kerajaan" lain. ya, saya juga mendoakannya segera keluar dari kegelisahannya.

    salam bahagia

    BalasHapus
  3. hehehe... selalu :D kalo baca cerita orang yang mau skripsi aneh2 , hehehe ada yang keburu2, ada yang gara2 ACC-nya kelamaan jadi males nerusin skripsi, ada yang diancem mau ditinggal suaminya ke luar kota malah buk kalo skripsinya nda selesei, akhirnya nda selesei juga deh :D hehehe, dapet cerita dari dosen ica yang kasih bimbingan ke senior2. Bener nama buku ibu mungkin ya,melawan hantu bernama skripsi. hehehehe

    BalasHapus
  4. @ Ica,

    begitu memang cerita mereka, dan berharap skripsi tak akan lagi jadi persoalan ketika buku itu muncul nantinya. lagi disusun, dipersiapkan semuanya. makasih Ica.

    salam bahagia

    BalasHapus
  5. Hahaha..., saya beberapa kali menemui mahasiswa yang memiliki sifat seperti itu. Biasanya dari keluarga berada, semuanya sudah tersedianya untuknya. Jika pendidikan di rumah sudah tidak tepat, pastinya berpengaruh saat di luar rumah. Semoga Mb Aridha selalu diberikan kesabaran, amin.

    BalasHapus
  6. Akhid,

    memang segala sesuatu banyak tergantung pada yang rumah he..he..
    tapi tidak semua yang "berada" seperti itu, yang "tidak berada" juga ada.terima kasih dan

    salam bahagia

    BalasHapus