Sabtu, 25 Juni 2011

papanputih.com

Bacalah dengan nama Tuhanmu,_________
"Berada di puncak itu sepi rasanya...jadi sebaiknya anda tahu mengapa anda berada di sana." (John. C. Maxwell)

Dear pembelajar,
Ini adalah karunia indah diantara karunia-karunia indah lain yang Tuhan berikan kepada saya setiap hari. Suatu hari saya menulis di inbox seorang sahabat. Namanya Michael, tetapi saya lebih suka memanggilnya bung Mala. (asal panggil saja waktu itu, ingat nama salah satu malaikat yang baik hati pembagi rizki, sebab dia orangnya memang baik hati, suka berbagi rizki (tulisan, he..he..)
Begini bunyi message saya, waktu itu:
Bung Mala, sorry, mampir cuma kasih vote aja, sebab susahnya mau ninggal jejak di sana, Tulisan anda begitu banyak penggemar, sehingga sulit bagi saya mencapai kolom koment terakhir. Jadi cukuplah kasih vote aja, sudah itu pulang balik. Salam bahagia dan terus menulis!”

Beberapa detik kemudian, pesan balik disampaikan melalui inbox saya:

"Hahaha,,,makasih Mbak Papan Putih…
Btw, adik saya suka sekali bolak-balik papan putih itu (demikian juga saya)…ada beberapa artikel yang pengen saya simpan, di leppy saya supaya boleh baca kapan pun biar nggak lagi OL. Tapi harus minta izin dulu Mbak Mala hehehe…gimana mbak, boleh kan..? Pls…!"
Salam Bahagia,
dan
Cheers….

Sahabat saya ini orang Indonesia, tapi bekerja di Robotic & Molding Injection Company di Cranbury New Jersey. Tinggal di Edison, New Jersey. Sangat peduli Indonesia. Kami sama-sama suka menulis di kompasiana.com. Yang membedakan saya dengan nya adalah dia jago nulis dan saya tidak he..he…Saya banyak mendapatkan pelajaran dari apa yang ditulisnya dan masih terus belajar agar bisa sejago dia dalam menulis dan berbagi sesuatu yang bermakna kepada siapapun. 

Keesokan harinya, sesuatu kejadian yang mirip, terjadi. Saya menyapa seorang sahabat yang tinggal di ibu kota, 

“apa kabar mbak? Moga sukses dan bahagia selalu ya…!”

Dan…sama persis! Beberapa detik kemudian, Julia Ismawaty (demikian namanya), membalas message saya:

Alhamdulillah......spt yg mb Aridha Prassetya harapkan. Kmrn aku buka2 Papan Putihnya....n....di situ aku nemu sesuatu yg lbh dr emas. Tulisan2 yg inspiratif n berguna bkn sj bwt aku, tp bwt anakku jg lho! Dua jempol bwt mb Aridha.....Tengkyu bwt karya2nya yg bagus....:) Eh....aku udh member di papan putih lho....:)

Lihatlah!!!

Ini hanya sekelumit saja contoh keajaiban yang sungguh membahagiakan. Saya dan kedua sahabat baik ini, sesungguhnya tidak pernah secara fisik bertemu. Virtual world atau cyberspace (dunia maya) lah yang mempertemukan kami. Tetapi bisa anda baca sedemikian akrabnya kami saling menyapa, saling mendukung dan saling mendoakan. Indah bukan? Dan yang lebih membahagiakan mereka suka “berkunjung” ke papanputih.com, sebuah ruang pembelajaran dunia lain.

Papanputih bukan papan biasa. Ia adalah sebuah papan yang juga virtual (maya), tempat pembelajaran bagi siapapun yang mencintai keindahan hati, kedamian, kerukunan, keragaman dan kesyukuran

Papanputih ini lahir karena “ketidakberdayaan” saya. Ketidakberdayaan? Ya! Ketidakberdayaan saya karena kadang terkendala bertatap muka dengan para mahasiswa di kampus tempat saya mengabdi. Kadang saya terpaksa harus membolos, kadang mahasiswa itu yang karena factor pekerjaan, terpaksa harus membolos. Saya kemudian berfikir keras. Apa ya yang kira-kira dapat membantu mengatasi persoalan kami? Saya fikir, harus ada sesuatu yang dengan mudah dapat “menghubungkan” kami, kapan pun dan dimanapun. Supaya kami tetap “terhubung” dalam proses pembelajaran yang terus menerus, menembus ruang dan waktu.

Saya menatap white board yang ada di ruang kelas waktu itu. Lalu benak saya menangkap sesuatu. Rasanya papan putih ini bisa saya pindahkan ke dunia maya. Dan benar juga, inilah papan putih yang ada di kelas itu, kini sudah saya boyong ke sini menjadi www.papanputih.com.

Selamat belajar dan memanfaatkan apa yang bermanfaat. Ini adalah ladang pembelajaran saya, yang setiap pengunjung boleh memetik buahnya. Semoga memang bermanfaat. Salam bahagia.
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

5 komentar:

  1. Buahnya enak semua buk :D hehehe.
    Best Regards,
    Ica

    BalasHapus
  2. hahahahhahahhaha
    Mala.... nama panggilannya Bang MS

    BalasHapus
  3. Aduh, terima kasih banget Mbak Aridha....:)

    Saya senang mendapat teman belajar dan tempat belajar di dunia maya ini. Papan Putih memang so great. I'm so greatful and thankful to know this "white board" as well to know you Mbak Aridha.

    Peace and,
    Cheers...

    BalasHapus
  4. Anonim?!
    Ini pasti bung Dosen dari Unhas??? ha..ha..

    Nanti juga ada tulisan yang berjudul "bung Dosen!", tunggu gilirannya!! Every body is inspiring..

    salam bahagia

    BalasHapus
  5. Anonim?!

    woii, dari "Peace" and "Cheers" saya tahu yang bersangkutan datang, ha..ha..,

    makasih bung Mala, moga tetap dan terus berkarya. saya menyimak juga setiap karya anda yang tayang di sana...

    terima kasih sudah hadir dan

    salam bahagia

    BalasHapus