Selasa, 14 Juni 2011

My New Book: Being A Natural Mother

Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu,___________
Salam bahagia,
Tentang Judul A Natural Mother
“Setiap ibu menginginkan anak-anaknya bahagia”, demikian almarhum ibu pernah berucap. Dan saya, telah menuliskan formula mencapai kebahagiaan itu dalam bentuk sebuah buku yang saya beri judul “Being a Natural Mother”.
Ketika saya mengabarkan bahwa buku baru saya segera release dengan judul “Menjadi Ibu Natural”, Nic, seorang kawan dekat saya, menyarankan agar saya tidak menggunakan kata natural di sana. Pasalnya, natural berarti alami,. Ia khawatir, dengan membaca judulnya, maka orang menjadi salah persepsi. Masih kata Nic, kebanyakan orang berpersepsi bahwa ibu natural adalah ibu yang tampilannya apa adanya, tanpa kosmetik, tanpa bedak, tanpa lipstick, tanpa baju yang indah-indah, pokoknya ia harus terlihat sederhana. Semuanya harus alami, apa adanya, tidak ada make up, sama sekali.

“Telling people to be a natural mother, while you are not natural, you still dress and make up, it doesn’t make a sense! Berbicara tentang bagaimana menjadi ibu natural, sementara saya adalah perempuan yang berbedak dan berlipstik, maka “itu sama saja bo’ong”, kata Nic. 

Dalam hati saya bertanya-tanya, “Lha kalau bedak dan lipstiknya, natural, kan boleh?” Kami berdebat cukup lama, hingga akhirnya saya berkesempatan menjelaskan bahwa, natural yang saya maksud adalah WAJAR.

Saya memaknai natural lebih berdasarkan pemahaman psikis dibanding tampilan fisik. Ibu Natural adalah ibu yang menjaga keadaan psikisnya, secara wajar, tanpa kekerasan dan tidak meledak-ledak. Semua yang terkait dengan fisik dan psikisnya, dilakukan dengan penuh harmony sesuai dengan naluri perempuan yang mencintai keindahan.

Jadi, seorang ibu boleh marah? Ya! Tentu saja! Seorang ibu, boleh negative thinking kepada anak-anaknya? Ya! Kenapa tidak?

Buku ini adalah hasil riset
Menulis buku ini memerlukan waktu dua tahun. Rentang waktu yang lumayan panjang. Sebab ini, bukan buku biasa. Buku ini adalah hasil selama 20 tahun riset, yang obyek utamanya adalah saya sendiri berdua dengan anak saya. Ini adalah tentang pengalaman saya menjadi seorang ibu, selama 20 tahun lamanya. Obyek lain adalah beberapa perempuan dan anak-anak, yang kisahnya melengkapi iliustrasi dalam setiap bab yang ada, sepanjang buku ini. Perjalanan (safari) saya menemui para remaja Sekolah Menengah Atas se Gerbang kertoSusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamomgan), sementara mengenalkan “Tujuh Kiat Memasuki Dunia Pasca Remaja”, salah satu karya tulis saya, telah berhasil mengungkap kejujuran para remaja yang kehilangan komunikasi dengan orang tua mereka. Ini juga menjadi materi ilustrasi, pada bab negative thinking.Para remaja bermasalah ini, lebih bersedia terbuka kepada saya dibanding dengan guru BP mereka, di sekolah. Itulah sebabnya, materi negative thinking, ¬manjadi “harus ada” dalam buku ini.

5 komentar:

  1. subhanallah,...benar kata mas gola gong dna juga pengarang buku yg senior lainnya,..bahwa utk menulis buku itu bagaikan proses kehidupan.butuh riset yang panjang dan tidak sembarangan karena membawa misi penyuluhan...selamat mbak,..pengen niru semangatmu deh,..:)

    BalasHapus
  2. mbak Nia,

    Alhamdulillah...syukur aja mbak, bisa berbagi. Cuma itu...
    dan saya selalu mengajak semuanya untuk setia menulis, menulis dari menulis kalimat menjadi paragraf. rangkaian paragraf jadi halaman. rangkaian halaman jadi bab dan rangkaian bab, jadi buku.
    that is a really process.
    makasih sudah hadir.
    salam buat keluarga.
    salam damai dan bahagia...

    BalasHapus
  3. Lina Florida15 Juni 2011 11.52

    Ibu.. need advise.. dimanakah saya bisa dapat bukunya..
    Sungguh saya kagum dan appreciate akan smua karya ibu, dari judul dan sedikit ringkasan cerita bukunya saja saya sudah tertarik.

    Terima kasih..

    BalasHapus
  4. mbak, buku edukasi yang menarik sekali.
    saya belinya dimana ya? apakah di gramedia ada?

    bisakah bukunya pakai tanda tangan mbak Aridha? haha

    terimakasih dan salam hangat.

    BalasHapus
  5. keren banget. gimana saya mendapatkannya? istriku paling suka baca2 buku macam ini....

    BalasHapus