Kamis, 10 Maret 2011

Grammar Itu Tak Penting (?)

Grammar tidak penting?
Bacalah dengan nama Tuhanmu,__________________
“Kesulitan-kesulitan yang dikuasai sama dengan peluang yang dimenangkan”. (Winston Churchill)

Dear pembelajar,__________
Minggu lalu saya berkesempatan tatap muka dengan kawan-kawan HECkers, di sebuah kampus pembelajaran di Surabaya. Ketika saya bertanya "are you interesting in English? " Mereka menjawab, “Yes, I am interesting”.Saya tanya lagi, “are you understand?”
Mereka menjawab, “Yes, we are understand, mam! Saya terus bertanya, "Are you happy?" Mereka pun menjawab, “yes, We are”. Tetapi saya melihat satu orang yang menunjukkan mimik wajah yang sedang tidak bahagia. Lalu saya tanya, “Hi! I see you unhappy, what happened to you? Why aren’t you happy like others? Yang kemudian terjadi....

Ia menjawab, “I am boring, mam!” Dalam hati saya, Oh my God! Why he says that he is boring....? Saya tersenyum, tetapi tak semua isi kelas mengerti arti senyum saya. Saya akhirnya tertawa, karena sudah tak bisa menahan senyum. Kelas menjadi riuh seketika, sebab mereka ikut-ikutan tertawa bersama saya. Ada yang salahkah dengan kalimat-kalimat itu?

He..he.., tentu saja ada..., Semua pertanyaan yang saya ajukan itu, salah secara grammar, tetapi toh semua menjawab seturut dengan pertanyaan yang salah itu. Inilah efek dari keengganan mempelajari grammar.

Maunya mengatakan saya bosan, tetapi yang muncul adalah pernyataan “Saya ini membosankan, mam!” Soal beda “are you dan do you”, anda bisa baca di sini. Sekarang saya sedang ingin membahas kalimat passive, yang struktur dasarnya cukup mudah. Yaitu: am/is/are/was/were/been + KK3

Jika kita tak paham grammar, maka kita rawan keliru berkata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kita paham grammar kita pasti bisa berucap secara benar, apakah kalimat kita itu pasiv atau aktiv. Coba kita perhatikan kasus berikut ini:

Maksudnya mau mengucapkan saya tertarik pada...(I am interested in.......), tapi yang justru muncul malah kalimat kePD_an, I am interesting. Wah.... lha itu kan kan artinya “saya menarik”. He..he...apa bukan ke PD_an namanya, mengatakan dirinya menarik? He...he...bercanda....jangan dimasukkan hati!

Lagi, maunya mengucapkan saya bosan karena gurunya membosankan, tetapi yang terucap adalah justru kebalik “saya membosankan”, kan gawat?! Mestinya kan I am bored/I get bored, because the teacher is boring. Lalu mengapa diucap "I am boring"?

Jangan-jangan ada yang pernah bilang begini “Mam! The dog run and I bite!” (Anjing lari dan saya menggigit), padahal maksudnya mau mengatakan “ the dog run after me, then I was bitten” (Anjing mengejar saya dan kemudian saya digigit).

It’s ok. Tetapi, setidaknya, budaya itulah yang sedang dan akan kita bangun di HEC. Saya ingin, para HECkers, memahami grammar, dalam belajar bahasa Inggris.

English tanpa grammar adalah omong kosong. Okeylah untuk awal-awal, hanya sekedar bertujuan memberanikan diri. Tetapi setelah proses awal itu berjalan, maka grammar harus dipelajari dan dipahami. Sebab grammar itu ternyata penting, agar tidak terjadi sesuatu yang konyol seperti contoh-contoh yang saya sebutkan tadi. 
Tidak perlu banyak-banyak. Cukup 7 TENSES saja plus passive voice. Ini sudah merupakan bekal yang memadai untuk bisa berbahasa Inggris dengan sehat. Okey? Good luck, then!


salam bahagia




8 komentar:

  1. bagaimana HEC belajar grammar lagi bu...?
    karena ini sangat penting.........hehe, nukeu order 1 buku ibu ttg english ya...

    BalasHapus
  2. aku akan sering2 berkunjung blog ini... blognya bagus ^_^

    BalasHapus
  3. @Nukeu : boleh..

    @ Chilvi : welcome , nice to meet you.

    BalasHapus
  4. gramer ituhal yg fundamental..urgent

    BalasHapus
  5. Hmmm kalau anak-anak belajar bahasa Inggris di Inggris tak perlu grammar kelihatannya ya, they speak naturally anyway. This article good lesson but not stop for grammar only

    BalasHapus
  6. wah beruntung saya menemukan blog ini. thanks a lot ya mam ^^v

    BalasHapus
  7. dear Anonimus,

    terima kasih kembali dan salam sukses,
    salam bahagia dan terus belajar!

    BalasHapus
  8. it's good, but the most important is u have to explain the reason of each pattern.
    e.g : im intersting / im interested
    correct : im interested .. but why ?
    in my own opinion, it's correct because it is a past participle for adjective :)

    BalasHapus