Rabu, 02 Februari 2011

Kepemimpinan ibarat WANITA

Bacalah dengan nama Tuhanmu,________

Dear pembelajar,
"Memegang kekuasaan adalah ibarat menjadi seorang wanita. Kalau ANDA harus memberitahu orang-orang bahwa ANDA seorang WANITA, ANDA pastilah BUKAN WANITA".
Itu adalah salah satu statement dari Margaret Thatcher, seorang perempuan pemimpin. Siapakah dia? Menurut catatan wikipedia, ia pernah menjadi perdana menteri Britania Raya (Inggris), dengan masa jabatan terpanjang di abad 20 (1979-1990). Perempuan ini, sejak sebelum menjabat, sudah dikenal sebagai iron woman (wanita besi). Ia menentang keras komunisme.

Apa yang dapat kita pelajari dari statement, yang merupakan ajaran dari Tatcher tersebut? Dalam The Power of Leadership, John C. Maxwell, salah seorang guru kepemimpinan saya, menjelaskan:

Setiap kali kepemimpinan anda tidak cukup jelas bagi mereka-mereka yang ada di sekeliling anda, dan ini membuat anda sibuk untuk membuat penjelasan bahwa andalah pemimpinnya, maka anda terancam kehilangan kepemimpinan.

Jika anda harus terus menerus mengingatkan orang-orang bahwa anda adalah yang memimpin, maka kemungkinan besar ada orang lain yang mengambil peran tersebut.

Kepemimpinan hendaknya tampak alami. Kepemimpinan itu terlihat oleh semua orang (meskipun tanpa penjelasan).

salam,

2 komentar:

  1. setuju sekali dengan isi tulisan diatas..
    Ketika kita terlalu sibuk meyakinkan orang siapa kita, sering kali kita jadi lupa untuk bertindak sebagai kita..
    Blog yang bagus.. sepertinya saya akan belajar banyak di sini.
    Terima kasih sudah membuat blog ini..

    BalasHapus
  2. @ vitria, I thank you for the praise.

    Mudah-mudahan bermanfaat.

    salam bahagia.

    BalasHapus