Rabu, 09 Februari 2011

Possesive Adjective.

Bacalah dengan nama Tuhanmu, _________________
"Intinya ada dua perbuatan dalam kehidupan. Berprestasi dan mencari-cari alasan. Ambillah keputusan, mana yang akan anda pilih untuk diri anda." (Stephen Brown)

Dear pembelajar,________________
Sebelumnya, kita sudah membahas subject pronoun dan complement pronoun. Seperti janji saya sebelumnya, hari ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang pronoun, yaitu possesive adjective.
Kita menggunakan possesive adjective bila ingin menyatakan kepemilikan atau kepunyaan. Misalnya, ini rumahku, itu mobilmu, ini hand phone_ku, itu perusahaan mereka, ini kantor kita.

Sebagai subyek, saya  dikenal dengan ‘I’, tetapi jika kita ingin mengatakan rumah saya, BUKANLAH  I house, tetapi MY HOUSE.

Sebagai subyek, kamu dikenal dengan ‘you’, tetapi jika kita ingin mengatakan mobil kamu, BUKANLAH you car, tetapi YOUR CAR.

Sebagai subyek,  ‘kita’ dikenal dengan ‘we’, tetapi jika kita ingin mengatakan perusahaan kita, BUKANLAH  we company, tetapi OUR COMPANY.

Sebagai subyek,  ‘mereka’ dikenal dengan ‘they’, tetapi jika kita ingin mengatakan kantor mereka, BUKANLAH  they office, tetapi THEIR OFFICE.

Sebagai subyek,  ‘dia laki-laki’’ dikenal dengan ‘he’, tetapi jika kita ingin mengatakan hand phone (kepunyaan) dia (laki-laki), BUKANLAH  he mobile phone, tetapi HIS MOBILE PHONE.

Sebagai subyek,  ‘dia perempuan’, dikenal dengan ‘she’, tetapi jika kita ingin mengatakan bakat dia (perempuan), BUKANLAH  she talent, tetapi HER TALENT.

Sebagai subyek,  ‘dia (benda/binatang/selain manusia)’ dikenal dengan ‘it’, tetapi jika anda ingin memperkenalkan namanya (kucing anda), BUKANLAH  it name, tetapi ITS NAME.

Jadi untuk possesive adjective:
I akan menjadi MY
YOU akan menjadi YOUR
WE akan menjadi OUR
THEY akan menjadi THEIR
HE akan menjadi HIS
SHE akan menjadi HER
IT akan menjadi ITS

Beberapa contoh berikut akan membantu anda:
  1. I opened my book
  2. Did the man finish his work?
  3. The bear is licking its paws (beruang itu sedang menjilat cakar/tangannya)
  4. Please show us to our seats
  5. She has already purchased her ticket.
  6. Have you heard any news from your friends recently?
  7. The students live near their school.
  8. The gentleman would like to have his watch repaired.
  9. We eat our breakfast at the same time every morning
  10. That woman always walks with her dog in the park.
Nah bagaimana? Kita akan membahas possesive pronoun setelah ini. Selamat belajar! Salam bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar