Kamis, 13 Januari 2011

Memilih Judul Skripsi

Bacalah dengan nama Tuhanmu,_______
"Hati yang baik adalah lebih baik dari semua kepala yang ada di dunia". 
(Edward Bulwer-Lytton).

Dear pembelajar,
Tentang skripsi. Apakah Anda sedang memprogram sebuah mata kuliah yang namanya skripsi? Anda diminta mengajukan judul dulu dan kemudian ditolak oleh sang Dosen Pembimbing? Lalu anda tercenung dan termenung hingga lewat berminggu-minggu hanya memikirkan seekor binatang yang namanya ‘judul skripsi’? Jangan bimbang!

Sebagian besar para dosen, apalagi dosen pembimbing skripsi suka lupa bahwa diri mereka pun tidak suka kalau diminta membuat penelitian. Mereka pun sama seperti Anda jika diminta untuk membuat penelitian. Masih ada juga yang hingga seumur-umur menjadi dosen, karya tulisnya pun tak lebih dari dua ‘biji’ saja, yaitu skripsi saja dan mungkin ditambah tesis. Sudahlah, ini forum ilmiah, bukan forum 'rasan-rasan' he..he..., tidak usah dibahas lebih jauh soal mereka yang membuat hidup Anda sulit hanya karena soal judul skripsi. Biarkan saja, yang penting saatnya sekarang anda tahu bagaimana menentukan judul skripsi. Bagaimana menentukan judul skripsi?

Judul boleh saja dibuat sebelum, selama atau  bahkan sesudah selesai penulisan.  Saya kadang suka membuat judul belakangan. Dalam aturan prosedur pengajuan skripsi, selalu saja tahap satunya adalah “mengajukan judul skripsi”. Saya belum pernah menemui prosedur pembimbingan skripsi yang meletakkan pengajuan judul pada tahap akhir prosedur.

Nah, karena kita dikondisikan untuk patuh dengan aturan itu, ya sebagai mahasiswa Anda “mengalah” sajalah. (kecuali anda yang berani melawan dengan konsekwensi ndak lulus-lulus..he..he...). Tidak perlu bingung, saya akan membantu Anda. Inilah hal-hal penting terkait dengan judul skripsi.
  1. Apakah fungsi judul itu? Fungsi pokok dari judul skripsi adalah bahwa ketika membaca judul, setidaknya pembaca sudah tahu gambaran tentang apa yang anda tulis dalam skripsi anda. Gambaran tentang persoalan/masalah yang henak anda teliti atau dengan kata lain, obyek penelitan, dapat anda baca pada tulisan saya sebelumnya antara lain Menulis Latar Belakang Masalah, Menetapkan Masalah, Variabel dan Definisii Operasional Variabel.
  2. Ketika membaca judul skripsi, maka setidaknya, pembaca sudah mendapat gambaran tentang obyek yang anda teliti, wilayah penelitian dan metode penelitian. Jadi, adakan orientasi dulu. Anda boleh orientasi literatur, maupun orientasi empiris. Apakah orientasi empiris itu?
  3. Kata kamus wikipedia, dalam sains dan metode ilmiah, empiris berarti suatu keadaan yang bergantung pada bukti atau konsekuensi yang teramati oleh indera. Data empiris berarti data yang dihasilkan dari percobaan atau pengamatan. Jadi, amatilah dengan indra apakah fakta yang ada di sekitar anda, sehingga ini menginspirasi anda untuk mengadakan penelitian tentang fakta atau fenomena apa yang anda saksikan.
  4. Judul, setidaknya memperhatikan dua hal, yaitu kesesuaian judul dengan isi penelitian dan pemilihan kata-kata dalam judul. Apakah yang dimaksud dengan kesesuaian judul dengan isi penelitian?
  5. Kesesuaian isi dengan judul maksudnya? Anda harus mampu memelihara agar tulisan skripsi Anda tetap berada pada koridor judul. Jadi, jangan sampai “ isi menyimpang dari judul atau judul beda dengan isi. Apakah yang dimaksud dengan Pemilihan kata-kata?
  6. Pemilihan kata-kata dalam judul artinya, judul penelitian Anda harus ilmiah, logic, menggunakan bahasa Indonesia yang benar karena ini adalah sebuah karya ilmiah.
  7. Judul karya ilmiah, cukup satu kalimat saja. Biasanya merupakan sebuah kalimat positif, jarang sekali menggunakan kalimat tanya atau negatif, meskipun ini sah-sah saja. Persoalannya, dalam banyak buku metode penelitian, dikatakan seperti itu. Nah Anda berani atau tidak berargumen dengan dosen pembimbing Anda? he..he....
  8. Judul harus singkat, padat dan jelas. Jangan bertele-tele, fokus saja kepada variabel pokok penelitian. Judul yang bertele-tele, selain membingungkan pembaca, juga mengundang pertanyaan bagi dosen penguji skripsi. Bisa dua jam lebih Anda diuji, dimana satu jamnya hanya berputar-putar di halaman judul saja tidak kunjung bergerak ke dalam isi.
  9. Saya pernah membaca skripsi, yang isinya lain judul lain isi. Seperti pepatah saja, lain lubuk, lain ikannya..he..he... Maka hati-hatilah jika anda copas (copy paste), bisa runyam nantinya. Diluar judulnya shampo, di dalam muncul kata ‘sepeda motor’. Di luar mengatakan penelitian diadakan di Blitar, di dalam mengatakan Trenggalek. Jadi, hati-hati!!!
Salam bahagia dan terus berkarya!

18 komentar:

  1. saya 2 hari lg mau ujian nih..

    JUdul Skripsi sy Pengaruh Insentif Finansial dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan.

    wah kalau ditanya KNP MENGANGKAT JUDUL INI gmn jawabnya yaa??

    BalasHapus
  2. @ Mahendra:
    siapkan jawaban atas pertanyaan "mengapa anda tertarik untuk meneliti itu".

    "mengapa topik itu menarik bagi anda untuk diteliti"

    jawabab atas pertanyaan tsb adalah jawabab mengapa anda memilih judul tersebut.
    salam bahagia dan selamat ujian, silahkan buka menu "SKRIPSI" dalam blog ini, akan dapat membantu anda.

    BalasHapus
  3. ada masukan ga mba kalo judul tentang pemasaran, tapi yang lagi trend akhir2 ini?:)...saya pengennya juga tentang sosial media terhadap penjualan sih, tapi judul yang tepat belom dapet...

    BalasHapus
  4. Trima kasih, Bu, atas penerangannya. Baru saja kemarin saya ajukan judul skripsi. Puji Tuhan baru pertama ini saya ajukan langsung diACC. Judul skripsi saya Hubungan Komunikasi Antar Pribadi dengan Keaktifan Anggota Jemaat.
    Tapi saya masih agak bingung tentang pengambilan data. Kira-kira, data-data semacam apa yang bisa saya ambil untuk meneliti masalah ini?
    Trima kasih sbelumnya, Bu.

    BalasHapus
  5. Terima kasih buat sarannya, minta saran Ibu, kenapa variabel Y "Keputusan menginap' harus memakai definisi2 tentang keputusan pembelian',,,, saya masih belum mengerti dengan ini? untuk mencari definisi mengenai keputusan menginap masih susah, jadi saya melihat sumber- sumber skripsi tentang keputusan menginap, definisi bab II nya sering dipakai dengan keputusan pembelian dan perilaku konsumen. judul saya adalah "analisa pengaruh harga, lokasi,dan promosi tehadap keputusan menginap" mohon pencerahannya yaa Ibu. Terima kasih sebelumnya. GBU

    BalasHapus
  6. @ Inri Christi,

    di bab 2 memang kita menggunakan "keputusan pembelian". Ini kan ilmu manajemen pemasaran dan perilaku konsumen. Orang mau nginap sama saja dengan orang ingin mengambil keputusan "membeli" jasa hotel kan?
    tetapi dalam definisi operasional, tetap harus didefinisikan apa yang and maksud sebagai "keputusan menginap " itu.
    demikian, tks.
    salam bahagia

    BalasHapus
  7. Bisa kah ibu membantu saya dalam menentukan judul skripsi jurusan pendidikan luar sekolah mengenai masalah sosial di dalam masyarakat bu?????

    Mohon di bantu ya???
    Trimakasi banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alice,
      silakan gabung http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
      tq

      Hapus
  8. Dear Alice,
    please add fb saya aja ya, biar bisa langsung kontak
    http://www.facebook.com/aridha.prassetya

    ok thanks.

    BalasHapus
  9. bagaimana dengan judul skripsi "Strategi Media Relation Perusahaan dalam memperoleh publisitas"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear anonim,
      silakan bergabung saja di sini http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
      tq

      Hapus
  10. wah.. makasih mas pencerahannya.. sungguh membantu..

    BalasHapus
  11. untuk strategi media relation apa saya boleh melihat contoh skripsinya? untuk bahan referensi..terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim dear,
      bisa lihat dan baca di perpustakaan mana saja,
      tq

      Hapus
  12. bsa gak bantu sya dlam menentukan judul Bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear anonim,
      silakan gabung di face book saya,
      tq

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus