Rabu, 15 Desember 2010

Definisi Operasional Variabel dan Indikator

Bacalah dengan nama Tuhanmu,----------
“Kekalahan adalah pelajaran. Ia adalah langkah pertama menuju perbaikan”. 
(Wendell Phillips)

Dear pembelajar,-----------
Sedang membuat proposal penelitian tapi macet? Pasti lagi pening soal variabel, soal definisi operasional variabel dan soal indikator ya? Don’t worry! Be happy!


Itu masalah biasa. Dunia tak kan kiamat hanya karena Anda punya persoalan tentang variabel dan indikator.

Apa sih yang dimaksud dengan Definisi Operasional Variabel itu? Apa pula indikator variabel? Inilah rahasianya.

VARIABEL


Bicara tentang variabel penelitian, kita memang harus mendefinisikan dengan jelas dan tegas. Terkait dg ini, ada 3 pertanyaan penting, yaitu (a). apakah variabel itu, (b). apakah definisi operasional variabel? dan (c). apakah indikator itu?.

(a). Apakah yang dimaksud dengan variabel ?


Ini sudah dijelaskan di sini! Silakan dipelajari.

(b). Apa yang dimaksud dengan “Definisi operasional variabel”?

Ada 2 macam definisi. Definisi konsep dan definisi opersional.

Definisi konsep adalah definisi yang telah menjadi teori. Teori ini ada dalam setiap buku teks yang disarankan oleh para dosen (sesuai bidang ilmu masing-masing).

Misalnya,
Menurut pendapat X, motivasi adalah....., perilaku konsumen adalah...., perilaku organisasi adalah...., pelatihan adalah......, strategi produk adalah...., penetapan harga adalah....., promosi adalah...., distribusi adalah....kepuasan konsumen adalah.....lingkungan kerja adalah....., kepuasan kerja adalah...., produktivitas adalah...., kinerja adalah......, pelanggan adalah...., konsumen adalah..., pasar adalah...penjualan adalah.....dll

Dalam karya ilmiah berupa skripsi (S1), tesis (S2) dan disertasi (S3/program doktor), definisi konsep ini diuraikan dalam Bab Tinjauan Teori atau Tinjauan Kepustakaan. Itu semua adalah definisi konsep.

Selanjutnya, apa yang dimaksud Definisi operasional variabel?

Definisi operasional variabel adalah pengertian variabel (dalam definisi konsep) tersebut, secara operasional, secara praktik, secara riil, secara nyata dalam lingkup obyek penelitian/obyek yang diteliti.

Operationalization is the process of strictly (dengan tegas) defining variables into measurable factors. The process defines fuzzy (samar) concepts and allows them to be measured, empirically (secara berdasarkan pengalaman) and quantitatively. 

Operasionalisasi (variable) adalah proses mendefinisikan variable dengan tegas, sehingga menjadi faktor-faktor yang dapat diukur. Mengapa?

Definisi “konsep”, sering masih samar bagi pembaca. Bagi orang awam, definisi konsep bisa masih sangat samar (fuzzy). Itulah sebabnya, operasionalisasi variable atau mendefinisikan variable secara lebih tegas, menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Perhatikan ilustrasi hipotesis (penelitian) berikut!

"Anak-anak tumbuh lebih cepat jika mereka mengkonsumsi sayuran"

Apa yg dimaksud dengan pernyataan tersebut? 

Perhatikan kata "anak-anak"!
Siapa anak-anak yang dimaksud dalam penelitian itu? 
Apakah mereka dari Amerika, Indonesia, Afrika? 
Ada begitu banyak anak-anak di dunia, bagaimana Anda mendefinisikan sampel penelitian?

Perhatikan kata "tumbuh"!
Bagaimana kata “tumbuh” didefinisikan? 
Bertambah berat, tinggi, tumbuh secara mental, atau tumbuh lebih kuat? 
Bagaimana kemudian kita mendefinisikan sampel penelitian?

Lalu perhatikan kata “lebih cepat”!
Bagaimana mengukur/melihatnya? 
Unit atau skala waktu apa yang akan digunakan? 

Lalu perhatikan juga kata “sayuran”!
Begitu banyak ragam sayuran di dunia ini. 
Sayuran mana yang Anda teliti?

Inilah mengapa sebabnya “operasionalisasi variable” menjadi bagian yang sangat penting dilakukan dalam penelitian. 

Tiap faktor yang secara konsep masih samar, harus dibuat definisinya dengan lebih tegas. Ini akan terkait dengan pengambilan sample penelitian nantinya.

Contoh lain:

Menurut Fandy Tjiptono (1997), kepuasan pelanggan mencakup perbedaan antara harapan dan kinerja atau hasil yang dirasakan. (INI DEFINISI KONSEP).

Apa yang dikemukakan oleh Fandy tersebut adalah pengertian secara umum. Padahal saya kan sedang mengadakan penelitian tentang kepuasan/ketidakpuasan pelanggan terhadap Kinerja Maju Unggul Airlines? Jadi, bagaimana?

Definisi konsep saja belum cukup bagi pembaca. Saya harus mendefinisikan variabel, secara lebih operasional (dapat dimengerti/jelas/tegas/terukur). Inilah yang dimaksud Definisi Operasional. 

Apa sebenarnya yang saya maksud dengan “kepuasan pelanggan” DALAM penelitian yang sedang saya lakukan ini?


Apa sebenarnya yang saya maksud dengan “kinerja” DALAM penelitian saya ? (sekali lagi, yang SAYA maksud dalam penelitian saya ini, bukan yang dimaksud oleh orang lain-meskipun secara prinsip tetap merujuk pada definisi konsep)

Nah, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itulah yang dimaksud dengan definisi operasional variabel penelitian saya.

Sayaharus mendefinisikan (secara lebih operasional/tegas) variabel kepuasan dan saya juga harus mendefinisikan (secara lebih operasional/tegas) variabel kinerja.

Jadi, sebagai gambaran, Anda dapat menuliskannya seperti ini:

“Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan kepuasan pelanggan adalah kepuasan pelanggan Maju Unggul Airlines, yang berarti perbedaan antara harapan konsumen Maju unggul, Airlines., dengan kinerja Maju Unggul., Airlines. 


Secara operasional, variabel kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai “respon pelanggan Maju Unggul Airlines, yang dinyatakan dengan rasa sangat tidak puas hingga sangat puas, terhadap kinerja Maju Unggul Airlines”.

Perhatikan!, konsumen diminta memberi respon terhadap kinerja Maju Unggul Airlines. Oleh karenanya, Anda harus mendefinisikan kinerja. Anda harus ingat  Maju Unggul Airlines, bergerak dalam bidang apa? Jasa penerbangan, misalnya. Maka, Anda harus cari teori yang terkait dengan kinerja. Dengan kata lain, temukan dulu definisi konsepnya. Anda dapat berangkat dari sini:

Menurut Peppard dan Rowland (1995), faktor yang sering digunakan dalam mengevaluasi kepuasan adalah performance, features, reliability, conformance to specification, ......(INI ADALAH DEFINISI KONSEP).

Menurut Fandy Tjiptono (1997), dalam mengevaluasi atau menilai kinerja jasa yang bersifat intagible, umumnya menggunakan beberapa faktor antara lain reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness.(INI ADALAH DEFINISI KONSEP)

Sekarang tentang definisi operasional kinerja,
“Kinerja, dalam penelitian ini adalah kinerja Maju Unggul, Airlines, yang diukur (dilihat) dari lima faktor pelayanan, yaitu reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness.”  Apakah ini sudah selesai?

Ini belum selesai! 
Belum cukup operasional, ini masih samar! Karena pembaca masih akan bertanya-tanya apa yang anda maksud dengan reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness. Selama pembaca masih meraba-raba, masih belum jelas, itu berarti definisi anda belum mencapai "definisi operasional" (masih berkutat pada definisi konsep).

Tanda-tanda bahwa definisi operasional Anda jelas adalah : pembaca tidak lagi punya pertanyaan tentang variabel anda, sebab Anda sudah menjelaskan hingga tuntas, sampai pada bagaimana cara mengukurnya. Artinya, semua sudah terjelaskan.

Oleh karenanya, cari dan putuskan terlebih dahulu definisi konsep mana yang Anda rujuk/ Anda gunakan sebagai rujukan/referensi, untuk masing-masing faktor/variabel tersebut, yakni apa yang dimaksud dengan reliability, assurance, tangible, emphaty, responsiveness. LALU>>>

Cobalah mendefinisikan secara operasional dengan mengikuti pola seperti ini:
  • Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan reliability adalah terbang tepat waktu dan tiba di tujuan sesuai jadwal....,
  • yang dimaksud dengan assurance adalah.... reputasi yang baik dalam hal keselamatan penumpang,
  • Tangible adalah....pesawat, tempat pemesanan tiket, seragam...
  • Emphaty adalah....memahami kebutuhan khusus penumpang, mengantisipasi kebutuhan pelanggan.
  • Responsiveness adalah..... sistem ticketing, inflight dan penanganan bagasi yang cepat,
(c). Apa yang dimaksud dengan indikator?

Definisi operasional (seperti telah dijelaskan sebelumnya), sangat erat kaitannya dengan indikator. Berbicara Indikator adalah bicara ukuran dan bagaimana cara mengukurnya.

Masih relevan dengan contoh di atas.
Indikator bahwa pelanggan puas terhadap kinerja Maju Unggul, Airlines ,adalah mereka (responden) memberi nilai sangat penting/ sangat setuju/sangat baik hingga sangat tidak penting/ sangat tidak setuju/sangat tidak baik/sangat tidak puas terhadap hal-hal/pernyataan berikut:
  • Maju Unggul Airlines, terbang tepat waktu dan sampai di tujuan dengan tepat waktu
  • Maju Unggul Airlines, memiliki pesawat yang bagus dan nyaman
  • Maju Unggul Airlines, menyediakan tempat pemesanan tiket yang memadahi, bagus dan nyaman
  • Seragam pramugari Maju Unggul Airlines, sedap dipandang mata
  • Maju Unggul Airlines, mempunyai reputasi yang baik dalam hal keselamatan penumpang
  • Maju Unggul Airlines memahami kebutuhan khusus penumpang,
  • Maju Unggul Airlines mengantisipasi kebutuhan pelanggan.
  • Maju Unggul Airlinesmenyediakan sistem ticketing yang bagus dan canggih,
  • Maju Unggul Airlines menyediakan layanan inflight yang bagus,
  • Maju Unggul Airlines menangani bagasi dengan cepat tepat dan aman.
Nah, itulah ilustrasi tentang variabel dan indikator. Bagaimana?

Anda tidak akan dapat menentukan indikatornya sebelum menemukan definisi konsepnya dan membuat penjelasan tentang definisi operasional variabel penelitian Anda. Selamat belajar!

Terima kasih sudah membaca! Baca juga Kiat Menulis Karya Ilmiah, di sini!
Salam bahagia penuh karya!

CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  2. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

58 komentar:

  1. good...
    sy mengerti skarang...
    thanks banget....

    BalasHapus
  2. makasih ya mbak, sangat membantu pemahaman saya dalam mengerjakan penelitian ini :)

    BalasHapus
  3. Kak saya udah send e-mail ni kak. Tolong dibantu yah :)

    BalasHapus
  4. dear Albert,
    I'll check it.
    thanks for visiting.

    BalasHapus
  5. terima kasih atas penjelasannya..sekarang saya lagi skripsi tentang " STUDENT’S ABILITY IN IDENTIFYING NOUN CLAUSE IN SIMPLE SENTENCE " saya bingung menentukan indikator nya...mohon bantuannya..
    file proposal nya sudah saya kirim kan mbak ke email..
    mohon di check dan tolong di bantu ya mbak
    mhn secepatnya di respond mbak

    BalasHapus
  6. saya pikir saya g akan nemu artinya di internet...
    trnyta it's provide everything...
    thx bu, saya lgsg paham! :D

    BalasHapus
  7. matur thankyou bu, ngerti aku sekarang

    BalasHapus
  8. makasih bro... saya sangat terbantu,,,

    BalasHapus
  9. alhamdulillah,revisi tesis segera selasai dan matur nuwun sanget spesial unt bu Arydaprasetya

    BalasHapus
  10. dear anonimus,
    alhamdulillah jika apa yang saya sampaikan bermanfaat.

    sukses untuk anda dan bahagia selalu

    BalasHapus
  11. thanks, sangat membantu saya dalam menulis tesis
    semoga anda sukses selalu

    BalasHapus
  12. thnx bwat infonya... membtu bgt dlm penelitian saya

    BalasHapus
  13. terima kasih atas penjelasannya yg mudah dimengerti,,,,

    BalasHapus
  14. makasih ya...

    udah 2 hari aq bingung apa yg harus aq tulis dalam
    devfinisi operasional........
    skrng baru aq dah dpt jwbnnya
    tangk's verry much
    sangat membantu saya

    BalasHapus
  15. buuuu saya mau tnya mnntukan indikator dalam penelitian saya
    judul penelitian saya
    pengaruh pemberitaan video porno terhadap citra jombang sebagai kota santrii
    "sayaa cukup kesulitan menentukan indikator variabel Y nya....
    :'(

    BalasHapus
  16. saya lebih mengerti sekarang daripada sewaktu kuliah. terima kasih banyak.

    BalasHapus
  17. saya juga lagi bingung masalah definisi operasional bu. Kalo judul skripsi saya Hubungan akumulasi kalkulus dengan perempuan paskamenopause. saya variabelnya, perempuan paskamenopause dan kalkulus kan?

    Nah, untuk def operasional perempuan paskamenopause, saya jelaskan definisi dan kriteria paskamenopause, tapi saya bingung dengan hasil ukurnya.

    yg saya ingin dapatkan dari variabel ini adalah apakah perempuan ini sudah masuk ke fase paskamenopause atau belum.

    bisa tolong dibantu bu? terimakasih banyak..

    BalasHapus
  18. Mkasih blognya membantu banget
    like this

    BalasHapus
  19. thanks,,info nya sangat membantu.. :)

    BalasHapus
  20. Selamat malam bu...saat ini saya sedang menyusun skripsi dengan mengambil tema " Pengaruh Atmosfer toko terhadap kepuasan Pelanggan "..Mohon pencerahannya ..kira2 indikator apa yang bisa saya ukur dari tema tersebut..

    Terima kasih atas bantuannya..


    PAIDIWISNU

    BalasHapus
  21. @mas Paidi,
    Pengaruh Atmosfer Toko Terhadap Kepuasan Pelanggan. Berarati ada 2 variabel. X (bebas)= atmosfer toko, Y (terikat)= kepuasan pelanggan.

    Untuk atmosfer toko, cari rujukannya, apa definisi dari atmosfer (toko). dari sana bisa diturunkan bahwa, dalam penelitian saudara, yg dimaksud dengan atmosfer toko adalah apa, apa, apa, apa saja....(kenyamanan ruang, tata letak produk, kemudahan pencarian barang, ventilasi (?), ketersediaan keranjang/trolly, ketersediaan info (diskon dll), kesiapan petugas, dll), tanyakan pendapat responden soal itu semua. Tanyakan/gali tingkat persetujuan/ketidaksetujuan responden atas semua yg diberikan toko anda.
    Kepuasan:
    Temukan definisi kepuasan. Kepuasan diukur dr membandingkan antara harapan dan kinerja.
    jadi, bisa saja indikatornya adalah, kepuasan terhadap apa-apa yang sudah anda tanyakan pada variabel X tsb. Bagaimana penilaian mereka thd hal-hal yg anda sebutkan pd variabel X. Apakah sudah memenuhi, melampaui atau kurang dari harapan.
    demikian,
    semoga membantu, bila masih kurang jelas, hub email saya:
    prassetyaaridha@ymail.com atau facebook http://www.facebook.com/aridha.prassetya

    BalasHapus
  22. makash mba,, sya jadi lebih mengerti tulisan mba dari pada dosen saya yg menjelaskannya

    BalasHapus
  23. trmksh, smoga ilmunya akan tetap dipakai orng dan disampaikan ke orng lain secara terus menerus dan itu artinya pahala akan mengalir untk anda. thks bgt

    BalasHapus
  24. terima kasih......semoga ilmu ini dapat saya manfaatkan dan saya tularkan ke orang lain sehingga jadi amal ibadah...

    BalasHapus
  25. terima kasih......semoga ilmu ini dapat saya manfaatkan dan saya tularkan ke orang lain sehingga jadi amal ibadah...

    BalasHapus
  26. mw tanya, apakah setiap indikator harus d dukung dengan sebuah teori?

    BalasHapus
  27. thanks, infonya,

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  29. Membantu banget buk..

    Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  30. makasih sistha,, lagi bingung2 dapet pencerahan ... sukses selalu

    BalasHapus
  31. makasih buk...
    bermanfaat bnget bg kmi yg masih pmla dalam mnyusun proposal penelitian...
    oy buk saya masih bingung dalam mntukan indikator kinerja gabungan kelompok tani dan pa sja vriabelnya...
    bsa dbntu buk...

    BalasHapus
  32. makasih buk...
    bermanfaat bnget bg kmi yg masih pmla dalam mnyusun proposal penelitian...
    oy buk saya masih bingung dalam mntukan indikator kinerja gabungan kelompok tani dan pa sja vriabelnya...
    bsa dbntu buk...

    BalasHapus
  33. Buk bantuin saya donk indikator empiris dari variabel harga produk dan juga indikator dari variable keputusan pembelian, tlng ya buk krm ke email saya. Vbcewew@gmail.com. Trma ksh byk buk dan smga sukses!

    BalasHapus
  34. trmksh utk postingnya bu, saya sdh mengirim email ke ibu, mohon dibantu :)

    BalasHapus
  35. saya juga dosen pembimbing, bukan ngerjain tp bimbing mhs agar bisa temukan ndiri,ternxt tu bnx mnfatnx trtma wkt sy nglnjutin ke jenjang berikutnx

    BalasHapus
  36. terima kasih atas penjelasannya yang sangat runtut, ini sangat membantu kegamangan saya dalam penulisan proposal, salam sukses

    BalasHapus
  37. maaf bu kalao penelitian saya hanya satu variabel apakah dalam metode penelitiannya harus disertakan operasional variabel juga. mohon bantuannya. tks. (difta.23@gmail.com)

    BalasHapus
  38. beruntungnya mahasiswa yg memiliki dosen seperti anda,:)
    terima kasih postingan nya, sangat membantu ..

    BalasHapus
  39. terimakasih banyak,, sangat membantu sekali,,,,

    BalasHapus
  40. aslilah,, jadi ngerti...
    Semangat,,sukses.

    BalasHapus
  41. jadi ngerti... makasih bu ilmunya... sangat bermanfaat

    BalasHapus

  42. kalo yang ini saya paham bu. pertnayaan selanjutnya bagaimana mbak caranya mengaplikasikan teori dalam penelitian kualitatif. . .ukon

    BalasHapus
  43. terima kasih, sy jg bingung ttg ini d proposal saya

    BalasHapus
  44. Mksih ya infonya...jadi jelas deh smuanya

    BalasHapus
  45. Terima kasih banyak Ibu Aridha Prassetya... Saya sangat terbantu.. Salam Kenal.. ^___________^

    BalasHapus
  46. kethoke gampang tapi prakteke uangil....

    BalasHapus
  47. apa tidak boleh ada satu pun kata yang seperti konsep dalam DOV?

    BalasHapus
  48. Aslm. Trims sharingnya... Keep posting n making solution. Smoga makin berkah ilmuanya. Salam kenal & hormat.

    BalasHapus
  49. terimakasih banyak sangat membantu :)

    BalasHapus
  50. Selamat malam bu...saat ini saya sedang menyusun skripsi dengan mengambil tema " penerapan audit manajemen keuangan "..Mohon pencerahannya ..kira2 indikator apa yang bisa saya ukur dari tema tersebut..

    BalasHapus
  51. assalamualaikum, bu sebelumnya mohan maaf, bisa minta alamat emailnya? kebetulan saya sedang mengerjakan proyek kuliah, hehe.

    BalasHapus
  52. Oooooh... saya juga malamini sedang mempelajari operasional variabel.lama ga belajar jd bingung.. menyimak artikelnya, mbak. makasih ya...!

    BalasHapus
  53. Ass, bu saya udah baca pencerahan dari ibu dan sangat bermanfaat, saya nohon bantuan saya lagi nyusun proposal penelitian dengan judul " Pengaruh kualitas pelayanan tenaga administrasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan tenaga pendidik SMK Negeri di Kota Singkawang, saya udah susun tapi bingun untuk memnentukan dimensi dan indikator dari X1 dan 2 serta Y, trima kasih atas bantuan ibu

    BalasHapus
  54. Dear Najimi, bisa add FB saya https://www.facebook.com/aridha.prassetya tq,
    untuk semua yang sudah hadir dan menulis komen, terima kasih banyak, salam bahagia dan terus berkarya!

    BalasHapus
  55. Terimakasih atas masukannya bu, jujur aja saya malah lebih mengerti daripada pas dosen saya yang nerangin :D

    BalasHapus