Senin, 15 November 2010

Fungsi Komunikasi

Bacalah dengan nama Tuhanmu,-----------------

“Sahabat anda adalah ia yang mengetahui segalanya tentang anda, dan tetap menyukai anda”. (Elbert Hubbard)

Dear pembelajar,--------
Pernahkah anda terlibat konflik baik di tempat anda bekerja, maupun organisasi tempat anda bergabung? Menurut anda siapa yang patut dipersalahkan? Anda, orang lain, atau bahkan pimpinan anda?

Beberapa dari anda mungkin malu mengakuinya dan beberapa yang lain mungkin menyalahkan “sang komunikasi”. Ada yang salah dengan komunikasi. Ada semacam “miskomunikasi”, ini istilah yang paling anda sukai bukan?
Riset menyatakan bahwa komunikasi yang buruk, paling sering disebut sebagai sumber konflik antar pribadi. Tujuh puluh persen dari waktu melek kita, kita habiskan untuk berkomunikasi,-membaca, menulis, berbicara, mendengarkan. Maka wajar saja, jika ada yang menyimpulkan bahwa kekuatan yang paling mendorong efektivitas kinerja adalah efektivitas komunikasi.
Komunikasi efektiv mendorong efektivitas kinerja, demikian singkatnya. Tak ada kelompok yang dapat eksist tanpa komunikasi. Komunikasi tak sekedar mentranfer pesan, tetapi juga menyangkut pemahaman. Komunikasi menyangkut pentransferan dan pemahaman makna.
Komunikasi menjadi penting dalam sebuah organisasi, baik besar maupun kecil, sebab komunikasi mempunyai 4 fungsi:
1. Kendali
Komunikasi dapat bertindak sebagai pengendali/pengawas/pengontrol perilaku anggota dalam organisasi. Suatu saat anda diminta atasan anda untuk menyampaikan keluhan-keluhan dan kendala anda dalam pekerjaan, maka sesungguhnya atasan anda ini sedang menjalankan fungsi kontrol.
2. Motivasi
Ketika atasan anda memberitahukan kepada anda cara bekerja yang baik, atau mengikutsertakan anda dalam pelatihan guna peningkatan kinerja anda, maka ia sedang memotivasi anda.
3. Pengungkapan emosional
Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari anda berinteraksi dengan orang-orang disekitar anda. Dengan mereka anda saling menunjukkan kebahagiaan dan kekecewaan. Anda juga menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan. Dari sana maka muncul perbaikan-perbaikan dan penyelesaian persoalan interaksi sosial. Disinilah fungsi komunikasi sebagai pengungkap emosional.
4. Informasi
Dalam perannya mempermudah pengambilan keputusan, komunikasi juga mempunyai fungsi informasi. Komunikasi memberikan /membawa informasi kepada individu dan kelompok, untuk mengambil keputusan. Suatu saat anda dan beberapa teman anda menerima tawaran untuk melakukan test tertentu, guna kepentingan promosi jabatan pada level tertentu. Dalam surat tersebut tertera sederet kualifikasi (persyaratan) untuk jabatan yang dimaksud tersebut. Lalu anda mempersiapkan segala sesuatunya. Disinilah komunikasi membantu meneruskan data, guna sebuah pengambilan keputusan pengisian jabatan yang dimaksud tadi.

Nah, bagaimana sekarang? Dapatkah anda menjelaskan empat fungsi komunikasi? Cobalah!

Salam,
aridhaprassetya

3 komentar:

  1. m, kendali..
    ya, fungsi komunikasi sebagai kendali juga dapat dikatakan sebagai fungsi monitoring, dimana komunikasi dapat memonitor / mengawasi segala prilaku pelaku organisasi.

    motivasi..
    komunikasi juga dapat menjadi sesuatu yang dapat mendorong / memicu penerima komunikasi tersebut untuk melakukan sesuatu.

    pengungkapan emosional,,
    komunikasi adalah sarana / suatu cara seseorang untuk mencurahkan segala sesuatu yang terjadi / dialami / dirasakan si komunikator tersebut.

    informasi..
    jelas, didalam komunikasi terdapat banyak informasi. komunikasi dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk memberi informasi. menjadi penghubung berita, komunikasi juga dapat dikatakan sebagai sarana untuk mengetahui sesuatu..

    begitulah..
    jika terdapat kekurangan, sudilah ibu beri saya komunikasi, komunikasi agar saya menjadi tahu, tahu itu apa kekurangan saya, agar saya tutup itu kekurangan dengan mengurangi kekurangan saya,

    semangaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttt!!!! =)

    BalasHapus
  2. pagi b.aridha
    klo ako yg dimulai dulu bukan kendali
    ini b.aridha pemikiran saya ALAH.. alay.. hehehehe... :)
    informasi->mengungkapkan emosional->kendali->MOTIVASI
    1. informasi (pertama pasti kita mendapatkan informasi dari siapa dan dimana saja).
    2. mengungkapkan emosional (bagaiamana kita menyampaikan informasi tersebut kepada obyeknya).
    3. kendali (bagaimana kita melaksanakan suatu permasalahan yang terjadi?).
    4. MOTIVASI (bagaimana kita menyelesaikan permasalahan yang terjadi sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat (dgn adanya informasi, pengungkapan emosional, kendali yang akurat)).
    @b.arida : ne yg dpat ako keluarkan pendapat saya, thx.
    @pembaca : moga" bermanfaat..

    SURYA ADI PUTRA
    email : suryaadiputrapartiii@yahoo.co.id
    FB : soerja_poetera@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. nukeu, very nice, thank you. the most diligent visitor who always visit my web, he..he. Very-very thanks.

    Surya, memang itu hanya penomoran, tidak ada makna apa-apa, bukan menunjukkan urutan tingkat kepentingan, so bisa dibolak-balik, okey ?? keep learning !

    BalasHapus