Selasa, 19 Oktober 2010

Leader versus Manager

Bacalah dengan nama Tuhanmu,__________
"..seseorang yang paling menyedihkan di dunia ini adalah ia yang memiliki penglihatan tetapi tak punya VISI". (Hellen Keller).

Selamat membaca,_________

Kali ini, tentang perbedaan antara manajer dan pemimpin, yang saya yakini, anda pasti ingin mengetahuinya.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan inilah detail perbedaan itu.
Perbedaan leader dan manager dapat dilihat dari peran keduanya.

Waren G. Bennis (1993) dalam An Invented Life: Reflection on leadership and change:

Leaders are people who do the right things;
Managers are people who do the things right

Management is getting people to do what needs to be done.
Management membuat orang melakukan apa yang perlu dilakukan.

Leadership is getting people want to do what needs to be done
Leadership/kepemimpinan membuat orang INGIN melakukan apa yang perlu dilakukan.

Peter F. Drucker:

Seorang pimpinan disebut manajer apabila ia mengerjakan sebaik-baiknya tugas/pekerjaan yang diberikan kepadanya (do the things right).

Manajer tak perlu menanyakan mengapa (WHY) dia harus mengerjakan pekerjaan tersebut, karena memang sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya sesuai apa yang telah ditentukan oleh atasannya dan sesuai aturan (job description and regulation oriented) organisasi tempat dia bekerja.

Oleh karenanya, seorang manajer cukup menanyakan “bagaimana” (HOW), agar dia dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik.

SEBALIKNYA:

Seorang leader adalah orang yang memutuskan pilihan apa (WHAT) yang akan dikerjakannya dan dia tahu mengapa (WHY) ia memilih mengerjakan pekerjaan tersebut (doing the right things).

Nah, sekarang anda tahu perbedaan antara manajer dan leader, bukan? Maka persiapkan diri anda untuk memilih, apakah anda akan menjadi manajer atau leader.

Tetapi apapun dan dimanapun posisi anda sekarang, saya berharap anda berkeinginan menjalani misi besar sebagai seorang leader.
Bukankah untuk itu kita diciptakanNya? Untuk menjadi “pemimpin”/khalifah?

Lantas bagaimana membangun kemampuan leadership itu sendiri? Sifat-sifat seperti apa yang disyaratkan dimiliki oleh seorang pemimpin?

Ada, banyak pendapat, namun saya akan memberikan anda satu gambaran kepemimpinan (ala) Jawa.

Sifat-sifat ini, dikenal sebagai Wahyu Makuto Romo.

Sejarah Wahyu Makuto Romo, bersumber dari kisah Ramayana.

Alkisah putra mahkota Sri Rama, menolak menerima pengangkatan dirinya sebagai raja menggantikan ayahnya. Ia justru menyerahkannya kepada adik tirinya yang bernama Barata.

Penolakan Rama dilakukan dengan tulus untuk mendukung sumpah ayahandanya kepada ibu tirinya. Ayahandanya pernah bersumpah akan menyerakhan mahkota kerajaan kepada Barata.

Disisi lain, Barata sangat menghormati kakaknya, dan ia menolak untuk dijadikan raja. Ia merasa Sri Rama lebih layak memimpin kerajaan.

Namun Rama tetap mendesak Barata dan akan meninggalkan negerinya. Untuk itu Rama memberikan prinsip-prinsip menjadi raja yang bijaksana. Prinsip-prinsip ini dikenal dengan sebutan Wahyu Makuto Romo (Wejangan Mahkota Rama).

Isinya menyangkut bahwa seorang pemimpin hendaklah memiliki sifat-sifat yang digambarkan sebagai berikut:
1. Suryo,_ matahari : memiliki sifat menerangi kehidupan dan sekaligus menjadi sumber kehidupan. Dengan sinarnya, dia dapat membuat kehidupan di muka bumi.

2. Chondro,_ rembulan : memberikan kedamaian dan rasa nyaman pada manusia dalam menjalani hidupnya.

3. Kartiko,_bintang : memberi petunjuk dalam kegelapan, agar kita dapat menentukan arah dalam perjalanan sekaligus juga membuat malam yang gelap menjadi indah.

4. Samirono,_ Angin : mengalir pada siapa saja, memberi kesejukan tanpa membedakan. Dapat dirasakan meskipun tidak terlihat dan angin yang sejuk amat menyenangkan. ia dapat mengalir ke atas maupun ke bawah tanpa membedakan siapapun. Sebaliknya, angin dapat menjadi begitu perkasa, kuat dan dapat menghancurkan. Artinya, seorang raja (pemimpin) harus mampu bertindak tegas dan kuat untuk menghancurkan segala sesuatu yang tidak baik.

5. Samudro,_ samudra: lautan sebagai simbol keluasan dan kedalaman pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pengetahuan yang seakan-akan tidak terbatas dan tak dapat diukur.

6. Dahono,_ Api : Suatu sifat yang menggelora, bersemangat (passion) yang mampu membangkitkan semangat pada rakyat yang dipimpinnya. Sekaligus juga bila diperlukan, dapat menghanguskan segala sesuatu yang tidak baik.

7. Angkoso,_ Angkasa : Suatu simbol yang menggambarkan sifat seorang pemimpin yang mampu memiliki pandangan dan cakrawala yang luas dalam melihat segala permasalahan/tantangan yang dihadapi. Artinya, tidak melihat suatu masalah secara terkotak-kotak dengan horison/jangka yang pendek. Seorang pemimpin harus memiliki visi dan mampu berfikir serba sistem (system thinking).

Demikianlah, yang saya uraikan di atas, hanyalah sebagian saja dari sekian banyak pendapat yang menarik tentang kepemimpinan dan sifat-sifat yang selayaknya dimiliki oleh seorang pemimpin .

Setidaknya, ini dapat menginspirasi anda untuk membuat kesimpulan, apakah selama ini (atau kelak), anda bertindak sebagai manajer saja ataukah leader, atau barangkali kombinasi dari keduanya.

Tentu saja masih ada banyak lagi bahasan-bahasan tentang kepemimpinan. Mudah-mudahan lain waktu saya dapat berbagi lagi dengan anda.

Keep health, keep learning and keep smiling !!!!

Salam,

aridha prassetya
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

3 komentar:

  1. nukeu herlandia20 Oktober 2010 23.15

    waaah,...
    andai semua pemimpin - pemimpin kita mempunyai sifat - sifat tersebut...
    damai sejahteralah..
    negerinya..
    bangsanya..

    karyawan(perusahaan)nya.. =) hehe

    **ternyata banyak yang dapat kita teladani dari cerita - cerita pada masa lalu ya..

    hm,, Indonesia kaya sekali dirimu..
    semoga tetap kaya di usia duamilyarjutaratus (amin)

    BalasHapus
  2. itu hanya sebagian kecil Nuk, tapi nampaknya mewakili sosok pemimpin ideal, but seperti yang kita lihat, yang ideal itu nyaris tidak ada...

    BalasHapus
  3. i like it..
    memang kaya sekali negri kita tercinta ini nuk..!!

    penjelasan ibu memberi pengetahuan baru bagi sya mengenai sifat yg hrus dmiliki oleh seorang pemimpin ala jawa..

    trus buk klo bedanya PEMIMPIN sama BOS tu apa ??krna ad yg bilang PEMIMPIN bsa jadi BOS tapi BOS belum tentu bisa jadi PEMIMPIN

    BalasHapus