Jumat, 15 Oktober 2010

Apa itu Riset Pemasaran?

Bacalah dengan nama Tuhanmu,________

"Kehidupan ibarat taxi, argometernya terus berjalan, entah anda sampai ke tujuan atau hanya diam saja di tempat". (Lou Erickson)

Selamat belajar,________

Anda masih ingat tugas yang harus anda kerjakan secara kelompok ? Anda harus melakukan riset dan membuat laporan riset pada akhir perkuliahan, kan?

Saya memang potong kompas. Materi MPL, sengaja saya isi dengan materi riset pemasaran, sebab ini sangat penting. Kita tidak punya banyak waktu dan anda harus mendapatkan sesuatu selepas kuliah dari MK yang saya ampu. Saya tidak ingin anda tidak mendapatkan apa-apa. Saya ingin anda mendapatkan sesuatu yang berkesan dan bermanfaat.

Ada dua keuntungan bagi anda. Anda memahami bagaimana melakukan riset pemasaran dan, sekaligus, anda siap menuliskan sebuah karya ilmiah (skripsi). 

Bukankah salah satu syarat mencapai gelar kesarjanaan adalah menghasilkan sebuah karya tulis ilmiah berupa skripsi?
Saya yakin anda menyukai ini. Kalau tidak, anda harus belajar menyukainya sejak sekarang.

Sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan riset pemasaran?

“Riset pemasaran adalah semua kegiatan yang menyediakan informasi untuk memberi pedoman dalam pembuatan keputusan pamasaran”. (Sudman dan Blair, 1998)

“Riset pemasaran ialah proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan dan pelaporan informasi, yang digunakan untuk memecahkan permasalahan pemasaran secara khusus”. (Burns dan Bush, 1998)

“Riset pemasaran adalah metode yang sistematik dan obyektif dalam mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, mendistribusikan dan menggunakan informasi dengan tujuan memperbaiki pembuatan keputusan yang berkaitan dengan pengidentifikasian dan pemecahan masalah serta peluang dalam pemasaran”. (Malhotta, 2004)

Dari tiga definisi tersebut, kata apa yang selalu muncul? Ya, informasi. Informasi merupakan hasil akhir dari riset pemasaran.

Dalam upaya menghasilkan informasi, ada beberapa tahapan. Itulah makanya, ia disebut sebagai “proses”.

Untuk apa informasi itu? Untuk mengambil keputusan/decision making.

Untuk siapa informasi itu? Untuk para pengambil keputusan/decision makers.

Itulah sebabnya riset pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting, sebab hasilnya akan digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan, untuk memecahkan permasalahan perusahaan. Bahkan, hasil dari riset pemasaran, bukan hanya penting bagi manajemen pemasaran saja, tetapi juga penting bagi manajemen perusahaan.

Bagaimana proses/tahapan dalam riset pemasaran? Pahami dulu ini. Saya akan sampaikan pada topik yang akan datang. 

Salam
aridhaprassetya
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar