Kamis, 14 Oktober 2010

Apa itu Perilaku Organisasi ?

Bacalah dengan nama Tuhanmu,________
"Perahu Anda tak akan sampai kemana-mana,tidak akan bergerak ke arah tujuan anda, kecuali anda melepaskan ikatan talinya"

Dear Pembelajar,_________
Apa yang dimaksud dengan perilaku organisasi? 
Ini juga pertanyaan yang bagus sekali. Masih ingat pengertian organisasi kan? Bahwa organisasi itu merupakan sistem, yang terdiri dari manusia, peralatan, aktivitas dan prosedur.
Organisasi tidak dapat terlepas dari individu , sebab di dalam setiap organisasi ada manusia, ada individu-individu yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan secara bersama-sama. Dalam organisasi, dengan demikian, ada individu dan ada kelompok.

Mereka (individu dan kelompok ini) bertujuan mencapai performa/kinerja organisasi.

Apa yang dilakukan seseorang dalam organisasi, inilah yang disebut sebagai perilaku individu. Apa yang dlakukan oleh kelompok dalam organisasi, inilah yang disebut sebagai perilaku kelompok. Jika demikian, apakah yang dimaksud dengan perilaku organisasi?

Perilaku organisasi adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan perilaku kelompok dalam organisasi, dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Mengapa perilaku ini penting untuk dipelajari? Sebab, perilaku akan mempengaruhi performa. 

Artinya bahwa, perilaku individu dapat mempengaruhi performa/kinerja individu yang bersangkutan. Pada gilirannya perilaku indovidu-individu dalam organisasi ini akan mempengaruhi performa organisasi. Bukankah performa/kinerja itu merupakan manifestasi dari tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi?

Mengapa manusia berperilaku seperti yang mereka tunjukkan? Mengapa anda berperilaku seperti itu? Mengapa seseorang di samping anda, dalam organisasi tempat anda bekerja, menunjukkan perilaku seperti yang anda lihat? Ini penting untuk dipahami baik oleh manajer maupun pemimpin organisasi.

Perilaku individu (yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kinerjanya), dipengaruhi oleh tiga variabel pokok, yaitu:
  1. Variabel individu (kemampuan dan ketrampilan, latar belakang keluarga, kelas sosial, pengalaman, umur, kebangsaan, jenis kelamin)
  2. Variabel keorganisasian (sumber daya dalam organisasi, kepemimpinan, imbalan, struktur organisasi, desain pekerjaan)
  3. Variabel psikologis (persepsi, sikap, kepribadian, belajar, motivasi)

Untuk memudahkan anda, maka ingatlah fungsi ini:

B = f (I, O, P)

Dimana :

B adalah organizational behavior, I adalah individual, O adalah organization dan P adalah psychological.

B merupakan fungsi dari I, O dan P.
Jika ada gangguan dari faktor I, O dan atau P, maka B juga akan terganggu. Jika B terganggu maka, performa juga akan terganggu.

Contoh:
Anda mendapati bahwa para dosen anda lebih suka membolos dari pada bertatap muka dengan anda, dan karyawan kampus tak melayani dengan baik apa yang anda butuhkan dalam proses belajar anda. Ini adalah masalah perilaku. Kira-kira faktor apa yang menyebabkan para dosen dan karyawan berperilaku demikian? 

Anda mungkin berfikir bahwa perilaku tersebut dipengaruhi oleh variabel individu (I), mungkin juga variabel keorganisasian (O), atau mungkin juga variabel psikologis (P). Sekarang anda paham bukan?

Sekarang, bayangkan kasus perilaku organisasi pada perusahaan tempat anda bekerja, lalu ceritakan kepada saya, kirimkan melalui email prassetyaaridha@ymail.com. Jika anda belum bekerja, anda boleh menceritakan organisasi khayalan, ataupun organisasi informal di kampung anda, atau yang lain. Selamat berfikir!

Salam,

aridha prassetya
CATATAN :
Kini BUKU Melawan Hantu Bernama Skrispsi, dapat DIPEROLEH LANGSUNG dengan HANYA Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Harga sudah termasuk:
  1. ONGKOS KIRIM dari Kantor Surabaya ke SELURUH WILAYAH Indonesia, 
  2. Konnsultasi Gratis Kegalauan Soal Skripsi yang meliputi judul/Topik, penentuan masalah penelitian, variabel penelitian, dan metoda/pendekatan yang digunakan dalam analisis (BUKAN jasa pengolahan data),
  3. Konsultasi dilakukan melalui Chatting  FB http://www.facebook.com/groups/skripsicepat/
Kontak via SMS: 0878 5320 1968

3 komentar:

  1. nukeu herlandia9 November 2010 20.12

    ilmu yang mempelajari tentang sikap / prilaku individu maupun kelompok dalam organisasi.lebih jelasnya mempelajari bagaimana cara individu - individu / kelompok dari suatu organisasi terebut bersikap/ berprilaku sekaligus mempelajari bagaimana pengaruh - pengaruh yang ditimbulkan oleh prilaku / tindakan yang di lakukan oleh para pelaku organisasi itu sendiri

    BalasHapus
  2. saya punya 1 organisasi kecil di kampung saya,,namun secara individual mereka belum memahami fungsi keorganisasian tersebut,,,yg ingin saya tanyakan bagaimana cara untuk memberikan pemahaman tentang organisasi tersebut...trims

    BalasHapus
  3. dear anonymous,

    sebuah organisasi kecil, selalu mempunyai potensi untuk dibesarkan.

    persoalan yg sedang anda hadapi adalah "mereka belum meahami fungsi keorganisasian"

    He..he.., jika saya boleh bertanya..., sejujurnya, mereka atau anda yang belum memahami?

    Ok. Memahamkan mereka tentang fungsi organisasi adalah menjelaskan kepada mereka mengapa mereka harus ada di sana bersama anda.

    Selanjutnya, definisikan dengan jelas "siapa melakukan&bertanggung jawab atas apa".

    Mudah-mudahan bermanfaat.

    BalasHapus